Liga Indonesia

ISL 2014 dan Kenangan Tak Terlupakan Made Wirawan di Persib Bandung

Sabtu, 7 November 2020 14:34 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Arif Rahman/INDOSPORT
Penjaga gawang Persib Bandung, I Made Wirawan, mengaku banyak momen manis sejak pertama bergabung di musim 2012 hingga saat ini. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Penjaga gawang Persib Bandung, I Made Wirawan, mengaku banyak momen manis sejak pertama bergabung di musim 2012 hingga saat ini.

INDOSPORT.COM - Penjaga gawang Persib Bandung, I Made Wirawan, mengaku banyak momen manis sejak pertama bergabung di musim 2012 hingga saat ini.

Meski begitu, momen yang paling diingat bersama tim kebanggaan Bobotoh yakni pada musim 2014. Pasalnya, saat itu Persib berhasil meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014, sekaligus mengakhiri puasa gelar yang terakhir diraih pada Liga Indonesia 1994/95.

Made menuturkan, saat itu euforia masyarakat Jawa Barat khsusunya Kota Bandung sangat luar biasa menyambut gelar juara tim Maung Bandung, yang membuatnya tidak bisa melupakan momen di musim 2014 tersebut.

Sebagai informasi, saat itu Bobotoh sudah menyambut kedatangan Persib di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung. Tak sampai di situ, skuat Maung Bandung diarak oleh Bobotoh mengelilingi Kota Bandung menuju Mes Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung.

Warga yang dilintasi rombongan skuat Maung Bandung, turut menyambut meriah tim kebanggaannya dengan melambaikan tangan dan sesekali meneriakan Persib juara.

"Terlalu banyak momen yang untuk diiniin (dikatakan), cuman pastinya euforia masyarakat sini ini Bandung khususnya, Jawa Barat pada umumnya, itu yang paling sangat luar biasa (saat juara)," kenang Made.

Gelar juara  pada musim 2014, diraih Persib setelah di babak final ISL 2014 menaklukkan Persipura Jayapura 5-3 melalui babak adu penalti di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, Jumat (07/11/2014).

Pertandingan final yang disaksikan langsung Bobotoh di Stadion Gelora Sriwijaya tersebut, berlangsung ketat.  Bahkan hingga babak tambahan waktu kedua kesebelasan bermain imbang 2-2. Sehingga, laga pamungkas ini dilanjutkan ke babak adu penalti.

Memasuki babak adu penalti, eksekutor Persib yakni Makan Konate, Ferdinand Sinaga, Tony Sucipto, Supardi Nasir dan Achmad Jufriyanto berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.

Sedangkan di kubu Persipura, Boaz Sollosa, Yohanes Pahabol, dan Robertino Pugliara berhasil memasukan bola ke gawang Persib. Namun, Made berhasil menahan bola sepakan penendang keempat tim Mutiara Hitam, Nelson Alom dan membawa Persib menjadi juara ISL 2014.