Liga Indonesia

3 Fakta Mengejutkan pada Pemilihan Garuda Select Jilid 3

Senin, 9 November 2020 22:04 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© PSSI
Terselip tiga fakta menarik dalam proses pemilihan pemain untuk Garuda Select Jilid 3 yang dipimpin oleh pelatih Dennis Wise dan PSSI. Copyright: © PSSI
Terselip tiga fakta menarik dalam proses pemilihan pemain untuk Garuda Select Jilid 3 yang dipimpin oleh pelatih Dennis Wise dan PSSI.

INDOSPORT.COM - Terselip tiga fakta menarik dalam proses pemilihan pemain untuk Garuda Select Jilid 3 yang dipimpin oleh pelatih Dennis Wise dan PSSI. 

Direktur Sepak Bola Garuda Select, Dennis Wise bersama Des Walker selaku pelatih, telah memilih 21 pemain muda untuk ikut pemusatan latihan di Inggris dan Eropa. Keduanya menilai Indonesia punya banyak pemain potensial.

Dennis Wise pun sumringah dan puas dengan kemampuan yang dimiliki anak muda Indonesia. Menurutnya, banyak pemain potensial Indonesia yang bisa dikembangkan asal ke arah yang tepat. 

"Indonesia memiliki banyak pemain potensial yang masih bisa dikembangkan. Tinggal bagaimana menuntun mereka ke arah yang tepat".

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyatakan bahwa bersyukur program Garuda Select kembali digulirkan di tengah situasi pandemi Covid-19. Ia menilai, program ini bagus untuk perkembangan sepak bola Indonesia.

Dalam proses pemilihan sendiri, terselip tiga fakta mengejutkan yang sayang untuk dilewatkan. Apa saja fakta-fakta tersebut? Berikut ulasannya. 

1. Proses Penjaringan

Dalam pernjaringan bibit muda sendiri, PSSI dan Direktur Sepak Bola Garuda Select, Dennis Wise bersama Des Walker mengandalkan kompetisi-kompetisi lokal yang diadakan oleh federasi. 

Banyak para pengikut seleksi merupakan pemain terpilih jebolan dari Piala Soeratin dan kompetisi Liga Topskor. Tak cuma itu, Denise Wise juga menerima pemain-pemain yang dikirimkan oleh klub Elite Pro Academi Liga 1 U-16 yang belum lama digalakkan. 

© PSSI
Seleksi Garuda Select Jilid III di Stadion Pakansari, Bogor. Copyright: PSSISeleksi Garuda Select Jilid III di Stadion Pakansari, Bogor.

Sebelum mengikuti kompetisi lokal PSSI, para pemain ini sebelumnya berasal dari berbagai wilayah di nusantara. Selaini itu, menurut penurutan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, ada beberapa pemain yang merupakan hasil pantauan langsung (scouting) dari tim pelatih Dennis Wise. 

2. Ada 4 Pemain Garuda Select Jilid II

Dari 21 nama yang dipilih, ternyata ada empat nama pemain dari Garuda Select jilid II yang disertakan. Keempat pemain itu adalah Rafli Asrul, Fernando Pamungkas, Kakang Rudianto, dan Edgar Amping. 

"Keempat pemain itu akan kami bawa kembali ke Inggris. dari pengalaman musim lalu, mereka sudah tahu harus apa dan bisa menjadi contoh bagi yang baru datang tahun ini. Dengan bakat yang mereka miliki, kehadiran mereka sangat membantu, terutama ketika tim bertanding," ujar Dennis Wise selaku Direktur Sepak Bola Garuda Select.

Keputusan ini sendiri bukanlah yang pertama. Pada Garuda Select Jilid II lalu, ada Bagus Kahfi yang juga kembali diikutsertakan dalam pelatihan walaupun sebelumnya ia telah mengikuti Garuda Select jilid pertama. 

3. Waktu Seleksi

Setelah 21 nama terpilih, dalam waktu dekat tim Garuda Select 3 akan diterbangkan ke Inggris untuk langsung menjalani pemusatan latihan. Rencananya, pemusatan latihan kali ini akan berlangsung sampai Mei 2021. 

Jika melihat pengalaman dari dua jilid sebelumnya, nantinya pada jilid ketiga ini para pemain akan mendapatkan pelatihan intensif yang dipimpin oleh Dennis Wise dan akan melawan tim-tim usia muda terbaik di Inggris dan benua Eropa.