Bola Internasional

5 Gelandang Serang Terbaik di Dunia Sepanjang Sejarah

Senin, 9 November 2020 20:33 WIB
Editor: Coro Mountana
© allfinweb.com
Legenda Timnas Belanda Johan Cruyff. Copyright: © allfinweb.com
Legenda Timnas Belanda Johan Cruyff.

INDOSPORT.COM - Dalam permainan sepak bola, posisi gelandang serang kerap kali menjadi raja dari permainan tim. Bukan pemain yang berada di posisi bek atau penyerang.

Pasalnya, pemain yang berada di posisi ini kerap kali membantu tim dengan kreatifitas dan permainan indah yang bisa disajikan.

Gelandang-gelandang bertahan hebat juga kerap kali bisa menghadirkan keajaiban dalam hal ini dengan menarik jutaan pasang mata untuk menyaksikan kehebatan mereka dalam bermain.

Dengan kata lain, pemain di posisi ini mampu membawa tim meraih sejarah panjang dalam sejarah, dengan mengkreasi secara total permainan tim.

Pada era milenium baru, ada dua nama penting dalam posisi ini, yakni Kevin de Bruyne dan Toni Kroos.

Namun, di dalam sejarah, setidaknya ada lima pemain yang bisa dibilang sebagai gelandang bertahan jempolan pada masanya, seperti dilansir dari Sportskeeda.

Sir Bobby Charlton

Leganda Manchester United ini memang menjadi salah satu gelandang serang terbaik produksi Inggris. Memenangi gelar Ballon d’Or pada 1966 yang dikawinkan dengan gelar Piala Dunia di tahun yang sama bersama negaranya, Charlton juga mampu memenangi Liga Champions bareng Setan Merah dua tahun kemudian.

Dengan gelar yang diraih, maka mantan pemain yang baru didiagnosis menderita demensia ini menjadi salah satu pionir dalam posisi gelandang serang.

Selain bermain di posisi tersebut, Charlton juga mampu menjadi seorang penyerang bayangan dengan kemampuan menggiring bola melewati kawalan bek lawan.

Michel Platini

Legenda asal Prancis  ini dipandang sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik di dunia. Namun demikian, reputasinya hancur usai kegagalan kala memimpin badan sepak bola Eropa, UEFA.

Platini dikenal sebagai salah satu gelandang elegan yang menempati posisi nomor 10. Permainan apiknya membawa tiga gelar individu, yakni Ballon D’Or, selain juga gelar Pial Eropa 1984.

Selain kreatif, pemain yang satu ini juga dikenal sangat produktif, terutama kala membela tim asal Italia, Juventus.