Liga Indonesia

Ikut Kursus Lisensi C, Pemain Muda Ini Dapat Suntikan Motivasi dari Pelatih Persib

Senin, 9 November 2020 14:59 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© PSSI
PSSI bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar kursus pelatih C PSSI. Copyright: © PSSI
PSSI bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar kursus pelatih C PSSI.

INDOSPORT.COM - Pemain Persib Bandung, Agung Mulyadi, mengaku mendapatkan suntikan motivasi dari beberapa pelatih saat mengikuti kursus kepelatihan Lisensi C PSSI  yang digelar di Bali, mulai 1 hingga 16 November 2020.

Menurut Agung, suntikan motivasi tersebut diberikan oleh beberapa pelatih Diklat Persib dan juga pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya. Hal tersebut, membuat pemain yang saat ini dipinjamkan ke tim Bandung United ini semakin termotivasi untuk menyelesaikan kursus tersebut dengan baik. 

Sebagai informasi, selain Agung, ada satu lagi pemain Persib yang mengikuti kursus kepelatihan lisensi C, yakni Muhammad Natshir atau yang lebih dikenal dengan sebutan Deden Natshir. 

"Ya dapat (motivasi), kemarin Agung sama Deden konsultasi sama Pak Yaya dan pelatih pelatih lain di Diklat, kasih tahu gimana-gimananya, mereka juga kasih motivasi. Yang paling penting ikutin kursusnya dengan baik," kata Agung. 

Agung menuturkan, program lisensi kepelatihan tersebut sangat bermanfaat baginya dan menjadi modal untuk masa depannya, jika sudah pensiun sebagai pemain sepak bola. 

Meski begitu, pemain jebolan Diklat Persib ini menambahkan, akan fokus dulu bermain sepak bola, jika sudah menyelesaikan kursus lisensi C. Pasalnya, di usianya yang cukup muda Agung masih ingin merasakan atmosfer pertandingan sebagai pemain. 

"Kalau untuk itu (jadi asisten atau pelatih) belum sih, Agung setelah ini mungkin bermain dulu," ungkap Agung. 

Setelah menyelesaikan kursus kepelatihan lisensi C PSSI,  Agung tak menampik berencana untuk melanjutkan kursus tersebut ke jenjang yang lebih tinggi. 

Hanya saja, dalam waktu dekat ini Agung akan fokus dulu bermain sepak bola dan mempraktekkan ilmu yang didapat selama mengikuti kursus kelepatihan lisensi C PSSI dengan melatih sekolah sepak bola (SSB) yang ada di sekitar rumahnya. 

"Ya mungkin sekarang mah rencana ada, tapi Agung masih fokus jadi untuk main dan aktif jadi pemain. Tapi ilmu ini nanti Agung terapkan nanti ikut latih di SSB, apalagi di rumah Agung kan ada SSB, ya transfer ilmu lah, praktek juga," ucap pemain berusia 23 tahun ini. 

Sementara itu, pada kursus kepelatihan lisensi C ini, Agung menjadi salah satu peserta muda. Karena, mayoritas yang mengikuti program tersebut merupakan pemain senior, seperti Achmad Jufriyanto, Siswanto dan Boaz Solossa.