Liga Indonesia

Jika Situasi Normal, Arema FC Sarankan Sentralisasi Jadwal Liga 1 Dihapus

Senin, 9 November 2020 13:03 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Launching Shopee Liga 1 2020. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Launching Shopee Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Arema FC turut memberikan saran kepada PT Liga Indonesia Baru, agar sistem sentralisasi jadwal pada lanjutan Liga 1 2020 dapat dihapus sebagai upaya menjaga asas keadilan bagi klub.

Tentu saja, hal itu bisa berlaku jika situasi sudah berangsur normal. Artinya, semua daerah yang menjadi home base klub-klub Liga 1 tidak lagi berstatus zona merah pada masa pandemi Covid-19, awal tahun 2021 mendatang.

"Kami berharap daerah itu sudah menjadi zona hijau. Sehingga, setiap klub bisa menggelar pertandingan di kandang sendiri," ucap Ruddy Widodo.

Dengan kata lain, sistem sentralisasi jadwal kompetisi yang sebelumnya ditentukan di Yogyakarta dapat dihapus. 

"Jadi, klub-klub (luar Jawa) tidak perlu lagi mengungsi ke Yogyakarta," General Manager Arema FC itu melanjutkan.

Di sisi lain, kembali klub ke markas asli mereka juga memenuhi unsur keadilan. Yaitu dengan kembali mendapatkan dukungan publik serta memaksimalkan sektor finansial melalui penjualan tiket pertandingan.

"Asas keadilan ini tetap bisa terjaga. Lagipula, kami juga tidak masalah harus melakoni away yang jauh sekali pun," tandas dia.

Sebelumnya, PT LIB menetapkan dua stadion di Yogyakarta sebagai home base bagi klub dari luar Jawa. Dua venue itu adalah Stadion Maguwoharjo di Sleman, beserta Stadion Sultan Agung di Bantul.