Liga Inggris

Tak Cuma Emiliano Martinez, 5 Alumni Akademi Arsenal yang Kini Membela Rival Liga Inggris

Rabu, 11 November 2020 15:58 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© tuart MacFarlane/Arsenal FC via Getty Images
Selain Emiliano Martinez yang kini bermain di Aston Villa, berikut 5 alumni akademi Arsenal yang kini membela klub-klub lain di Liga Inggris musim ini. Copyright: © tuart MacFarlane/Arsenal FC via Getty Images
Selain Emiliano Martinez yang kini bermain di Aston Villa, berikut 5 alumni akademi Arsenal yang kini membela klub-klub lain di Liga Inggris musim ini.

INDOSPORT.COM – Selain Emiliano Martinez yang kini bermain di Aston Villa, berikut 5 alumni akademi Arsenal yang membela klub-klub lain di Liga Inggris musim ini.

Nama Emiliano Martinez menjadi perbincangan beberapa hari terakhir ini. Pasalnya, lulusan akademi Arsenal itu kembali ke Emirates Stadium pada akhir pekan lalu bersama klub barunya, Aston Villa.

Kepulangan itu pun terasa indah bagi Martinez, karena ia berhasil membawa timnya menang dan meraih cleansheet, dengan membekap The Gunners 3-0.

Sejumlah pihak pun menyebut Arsenal telah membuat kesalahan dengan menjual penjaga gawang yang sudah 10 tahun bersama mereka (dua tahun di akademi, delapan tahun di tim utama).

Menariknya, Emiliano Martinez bukan satu-satunya lulusan akademi Arsenal yang berpotensi pulang ke Emirates Stadium musim ini. Pasalnya, setidaknya ada lima lulusan akademi Arsenal yang kini membela tim-tim lain di Liga Inggris. Beberapa di antaranya pun sukses menjadi pemain kunci untuk tim barunya.

Siapa saja mereka? Berikut ini ulasannya:

5. Luke Ayling (Leeds United)

Luke Ayling, pemain Leeds United FC. Copyright: Twitter@lukeayling_8Luke Ayling, pemain Leeds United FC.

Meski fans Chelsea, Luke Ayling justru memilih bergabung ke akademi Arsenal sejak usia 10 tahun pada 2001. Pada tahun 2009 ia menandatangani kontrak profesional bersama The Gunners. Sempat duduk di bangku cadangan di Liga Champions, ia hengkang di akhir musim tanpa sekalipun tampil di tim utama.

Sempar berkarier di League One bersama Yeovil Town dan Bristol City, Luke Ayling bergabung dengan Leeds United pada 2016, dan langsung jadi andalan di sektor bek tengah. Akhir musim lalu, ia sukses membawa Leeds promosi ke Liga Primer. Sejauh ini ia sudah tampil 160 kali untuk Leeds dan kini menjadi wakil kapten tim.

4. Kyle Bartley (West Bromwich Albion)

Bergabung pada usia 17 tahun, Kyle Bartley sempat menjadi andalan tim reserve Arsenal dan ditunjuk menjadi kapten tim. Ia tampil sekali untuk The Gunners di Liga Champions 2009/2010 menghadapi Olympiacos sebelum dipinjamkan ke sejumlah klub dan kemudian dijual ke Swansea pada Agustus 2012.

Meski enam tahun membela Swansea, Kyle Bartley tak pernah jadi pilihan utama. Ia pun bergabung dengan West Bromwich Albion pada 2018/2019 dan membawa WBA promosi ke Liga Primer di akhir musim keduanya. Musim ini ia masih jadi andalan dan telah tampil 5 kali serta mencetak 1 gol.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%