Liga Inggris

5 Alumni Akademi Arsenal yang Kini Berkarier di Luar Negeri

Selasa, 10 November 2020 22:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© INDOSPORT
Arsenal diketahui kerap menelurkan pemain muda berbakat lewat akademi mereka. Berikut lima alumni akademi mereka yang kini berkarier di luar Liga Inggris. Copyright: © INDOSPORT
Arsenal diketahui kerap menelurkan pemain muda berbakat lewat akademi mereka. Berikut lima alumni akademi mereka yang kini berkarier di luar Liga Inggris.

INDOSPORT.COMArsenal diketahui kerap menelurkan pemain muda berbakat lewat akademi mereka. Berikut lima alumni akademi mereka yang kini berkarier di luar Liga Inggris.

Klub Liga Inggris, Arsenal, dikenal sering mengembangkan sejumlah pemain muda berbakat, sejak era manajer Arsene Wenger. Tak hanya mendatangkannya dari luar, sejumlah bakat itu tidak jarang ditelurkan dari akademi mereka sendiri.

Di skuat besutan Mikel Arteta saat ini ada nama-nama seperti Bukayo Saka, Eddie Nketiah, Reiss Nelson, hingga Ainsley Maitland-Niles yang mulai diberi kepercayaan. Beberapa di antaranya pun tampil gemilang hingga akhirnya menembus timnas senior Inggris, seperti Saka dan Maitland-Niles.

Meski demikian, tak semua pemain berbakat lulusan akademi Arsenal sukses menembus tim senior The Gunners. Beberapa di antaranya harus hengkang bahkan ke luar Liga Inggris, demi mendapatkan kesempatan bermain. Meski demikian, tak jarang mereka pun meraih sukses di luar Arsenal, termasuk menjadi juara.

Berikut ini 5 alumni akademi Arsenal yang saat ini berkarier di luar Liga Inggris:

5. Stephy Mavididi (Montpellier)

Bergabung di akademi Arsenal pada usia 13 tahun, Stephy Mavididi menandatangi kontrak profesional bersama The Gunners pada usia 17 tahun di 2015. Sang penyerang muda pun kemudian menjalani sejumlah periode peminjaman ke Charlton Athletic dan Preston North End.

Kejutan terjadi di Agustus 2018, ketika Mavididi direkrut raksasa Italia, Juventus. Sempat bermain satu kali untuk Si Nyonya Tua di Serie A Italia musim 2018/2019, ia dinilai tak memenuhi ekspektasi sehingga dipinjamkan ke Dijon. Awal musim ini, ia pindah permanen ke klub Ligue 1 Prancis, Montpellier.

4. Yunus Musah (Valencia)

© Eric Alonso/Getty Images
Yunus Musah, pemain Valencia Copyright: Eric Alonso/Getty ImagesYunus Musah, pemain Valencia jebolan akademi Arsenal.

Yunus Musah bergabung dengan akademi Arsenal pada 2012 dalam usia 10 tahun. Digadang bakal menjadi salah satu bakat muda terbaik The Gunners, pemain berpaspor Inggris ini justru hengkang ke Spanyol pada 2019 lalu untuk bergabung bersama Valencia.

Usai bermain untuk tim Valencia B musim lalu, Yunus Musah promosi ke tim utama musim ini. Debutnya terjadi pada September lalu, menjadikannya pemain Inggris pertama yang membela Valencia. Ia tercatat tampil dalam 7 dari 8 pertandingan yang sudah dijalani Los Che di LaLiga musim ini, dan mencetak 1 gol.