Liga Spanyol

Barcelona Masih Tak Rela, Lionel Messi Ajukan 5 Syarat Tak Teduga

Kamis, 12 November 2020 14:05 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:
© LLUIS GENE/AFP via Getty Images
Raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, masih bisa ikat kerjasama dengan Lionel Messi jika lima syarat tak terduga bisa terpenuhi. Copyright: © LLUIS GENE/AFP via Getty Images
Raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, masih bisa ikat kerjasama dengan Lionel Messi jika lima syarat tak terduga bisa terpenuhi.

INDOSPORT.COM - Masih tak rela, itulah yang muncul di benak Barcelona yang berpotensi ditinggal Lionel Messi pasca akhir LaLiga Spanyol nanti. Agar hal tersebut tak terjadi, bintang asal Argentina itu punya lima syarat tak terduga yang wajib terpenuhi.

Musim lalu menjadi awal mula bencana yang membuat keretakan hubungan antara pemain dan klub yang dibelanya harus selesai setelah dua dekade lamanya. Wajar saja, kualitas dari El Barca benar-benar anjlok total, baik di liga domestik maupun pentas Eropa.

Lionel Messi pun sempat bersikukuh, hasratnya untuk hengkang dikabulkan, apalagi setelah banyak kabar yang menunjukkan keterkaitannya dengan Manchester City. Bukannya diperbolehkan, ia malah batal pergi setelah Josep Maria Bartomeu turun tangan.

Ketika ada keraguan di benak sang kapten, Bartomeu memperingatkan syarat klausul rilis senilai 700 juta euro (Rp12 triliun) wajib terpenuhi. Terpaksa habiskan satu musim LaLiga Spanyol lagi, La Pulga sudah kadung kecewa meskipun orang nomor satu klub telah lengser.

Sebagai buktinya, pemain andalan La Albiceleste ini juga masih menolak kontrak sekaligus pemangkasan gaji 30 persen yang bisa berimbas kebangkrutan Januari nanti. Kendati kejam, sesungguhnya Messi masih berikan kesempatan untuk rujuk dengan beberapa syarat.

Melansir laman berita Sport Bible, ia menuntut sepak terjang tim untuk lebih baik, rencana jangka panjang pelatih, skema rencana direktur olahraga, kebijakan transfer, dan sosok latar belakang presiden baru pengganti Bartomeu.

Performa tim yang mengecewakan yang hanya raih 11 poin dari tujuh laga domestik, pemain berusia 33 tahun itu cukup tunjukkan rasa frustasinya saat dicadangkan kala menang 5-2 lawan Real Betis. Ia pun berharap pelatih Ronald Koeman bisa atasi masalah ini.  

Setelah Koeman putuskan mengusir Luis Suarez, Messi ingin diperbolehkan ikut campur dalam urusan transfer agar kerugian salah beli pemain tak terjadi lagi. Sempat bersitegang dengan Eric Abidal, ia pun menuntut adanya direktur olaghraga yang lebih kompeten.

Terakhir yang paling penting adalah sosok yang bisa mengatasi 'dosa' Bartomeu. Seperti diketahui, klub kini berada diambang kebangkrutan, dan sudah selayaknya perlu ada presiden baru dengan kebijakan mendukung agar klub bisa tetap bertahan.

Berbagai syarat itu tentu cukup sulit untuk dipenuhi oleh Barcelona, apalagi dengan kondisi yang kelewat kacau hingga saat ini. Walaupun begitu, mereka dipastikan akan tetap memuhinya, apalagi karena Lionel Messi adalah ikon penting mereka selama di LaLiga Spanyol.