Bola Internasional

Maradona Dapat Mukjizat, Masih Hidup Setelah Operasi Otak

Kamis, 12 November 2020 11:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© AFP OR LICENSORS
Maradona setelah menjalani operasi otak. Copyright: © AFP OR LICENSORS
Maradona setelah menjalani operasi otak.

INDOSPORT.COM – Legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona, seakan mendapatkan mukjizat setelah dikabarkan dalam kondisi baik-baik saja pasca-operasi pendarahan otak.

Laporan dari Sun Sport menyebutkan bahwa Maradona diperbolehkan pulang dari klinik Olivos dengan mengendarai ambulans pada hari Rabu (10/11/20) sebelum jam 6 sore waktu setempat.

Maradona digambarkan sudah bisa tersenyum lega meski masih terbaring di tempat tidurnya, kendati baru saja menjalani operasi darurat untuk pembekuan darah di otak di rumah sakit delapan hari yang lalu.

Operasi tersebut berjalan lancar. Petugas medis telah mengecilkan hematoma subdural yang terdeteksi pekan lalu lewat pemeriksaan CT Scan. Operasi yang dijalan Maradona ini juga tergolong umum dilakukan di rumah sakit tersebut.

Meski begitu, pengacara Maradona, Matias Morla, sempat mengkhawatirkan kondisi kesehatan pria 60 tahun itu setelah mengunjungi mantan bintang Napoli dan Barcelona ini di rumah sakit.

“Diego mungkin mengalami momen tersulit dalam hidupnya. Saya pikir ini adalah keajaiban dia bisaa sembut, karena pendarahan otak bisa merenggut nyawanya,” ujar Morla usai meninggalkan Klinik Olivos.

Meski sudah diperbolehkan pulang usai menjalani operasi darurat ini, Maradona tetap mendapatkan perawatan karena kondisi ketergantungan alkohol yang sampai saat masih diidapnya.

“Diego dalam kondisi yang baik dan ingin merehabilitasi dirinya sendiri terkait masalah lain yang dia hadapi,” lanjut Morla.

Diego Maradona mengalami hematoma subdural atau sejenis pendarahan otak tak lama setelah ulang tahunnya yang ke-60 tahun pada 30 Oktober 2020 kemarin.

Pendarahan otak ini diketahui setelah menjalani tes di klinik swasa di La Plata, yang hanya berjarak satu jam dari kota Buenos Aires, tempat dirinya dirawat sejak hari Senin (02/11/20) kemarin.

Mantan pemain Barcelona dan Napoli ini saat ini sudah dipindahkan di klinik Olivos, Ipensa Sanatorium di La Plata, tempat dimana beberapa waktu lalu dia juga menjalani operasi lutut, untuk menjalani operasi.

Di masa lalu, Maradona kerap bermasalah dengan kesehatan. Pada 2005 dia pernah menjalani operasi untuk menurunkan obesitas atau kelebihan berat badan.

Si Tangan Tuhan juga pernah menjalani operasi mata pada 2013. Lalu 2015, dia sempat menjalani operasi di bagian perut karena pendarahan.