Liga Indonesia

Pemkot Surabaya Terus Kebut Renovasi Stadion GBT untuk Piala Dunia U-20

Kamis, 12 November 2020 21:24 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Herry Ibrahim
© Fitra/INDOSPORT
Tribun Stadion GBT sudah terpasang single seat. Copyright: © Fitra/INDOSPORT
Tribun Stadion GBT sudah terpasang single seat.

INDOSPORT.COM - Renovasi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) yang menjadi salah satu venue gelaran Piala Dunia U-20 2021 nanti terus dikebut Pemkot Surabaya. Walikota Surabaya, Tri Rismaharini memastikan satu fasilitas sudah mulai rampung.

Fasilitas tersebut adalah lapangan latihan di Stadion GBT. Ia menyatakan, pihak pengelola menargetkan lapangan latihan sudah akan siap bulan Desember mendatang.

"Saya pikir lapangan latihan ya Desember. Sebelum bulan depan ternyata sudah mulai jadi," katanya dalam rilis resmi pada Rabu (11/11/20).

Selain lapangan latihan beberapa fasilitas lainnya di Stadion GBT tersebut juga terus dikebut pengerjaannya. Beberapa dari fasilitas itu sudah masuk dalam finalisasi saja. Seperti single seat yang terdapat di tribun stadion, rumput, lampu, beberapa ruangan yang sesuai dengan standar FIFA hingga jacuzzi untuk pemain berendam juga masuk di dalamnya. 

"Sudah clear. Tadi sudah di-trial jacuzzinya," kata Risma. 

Kemudian ada juga beberapa fasilitas yang perlu dibenahi, seperti pemasangan lift yang dikatakan Risma merupakan permintaan langsung dari FIFA. Lift ini bakal dikerjakan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR).

"Liftnya ini kan permintaan yang baru dari FIFA sudah datang. Tinggal pasang mungkin akhir November," lanjut Risma.

Sementara itu tak hanya sejumlah fasilitas penting saja yang direnovasi dan sudah memasuki tahap finalisasi, beberapa fasilitas penunjang tak luput untuk direnovasi. Seperti taman yang rencananya bakal ada di sekitar stadion, taman ini rencananya akan dibangun di sepanjang pintu masuk.

"Untuk yang jalan kaki dari depan supaya tidak kepanasan. Kita juga buat jalan setapak yang di sampingnya ada taman. Lokasinya mulai akses masuk sampai nanti memutari stadion,” jelasnya.

Terakhir adalah lahan parkir di Stadion GBT yang saat ini progresnya sudah mencapai 90 persen. Tak hanya itu, pihaknya juga bakl menyiapkan tempat shelter bus untuk memnuhi kebutuhan para suporter yang akan hadir ke stadion.

“Sudah 90 persen. Tapi tadi saya minta tambahan lahan parkir meskipun sudah ada beberapa titik parkir. Lalu kita juga buatkan tempat shelter bus,” terangnya.