Liga Spanyol

Sergio Ramos Samai Rekor Gianluigi Buffon di Level Internasional

Kamis, 12 November 2020 15:37 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© David S. Bustamante/Soccrates/Getty Images
Penampilan yang dibuat Sergio Ramos ketika Spanyol bermain imbang 1-1 dengan Belandapada Kamis (12/11/20) membuatnya menyamai rekor Gianluigi Buffon. Copyright: © David S. Bustamante/Soccrates/Getty Images
Penampilan yang dibuat Sergio Ramos ketika Spanyol bermain imbang 1-1 dengan Belandapada Kamis (12/11/20) membuatnya menyamai rekor Gianluigi Buffon.

INDOSPORT.COM - Penampilan yang dibuat Sergio Ramos ketika Spanyol bermain imbang 1-1 dengan Belanda di Johan Cruyff Arena di Amsterdam pada Kamis (12/11/20) dini hari WIB, membuatnya menyamai rekor Gianluigi Buffon di level internasional.

Tambahan satu penampilan membuat Ramos kini telah mengoleksi 176 caps untuk La Roja, menyamai pencapaian yang dibuat Buffon bersama Italia pada 2018 lalu.

Ramos kini sejajar dengan Gianluigi Buffon dan menyandang status sebagai pemain dengan koleksi penampilan terbanyak di pertandingan internasional untuk negara Eropa, rekor yang bisa dipecahkannya pada pertandingan Spanyol berikutnya.

Ramos membuat debutnya bagi Spanyol dalam kemenangan di laga persahabatan melawan China pada Maret 2005 lalu, saat itu La Roja berhasil meraih kemenangan besar dengan skor 3-0.

Dalam debutnya itu, Ramos juga memecahkan rekor yang sudah bertahan 55 tahun ketika ia menjadi pemain termuda yang membuat debutnya bagi tim nasional pada usia 18 tahun, 361 hari.

Bek Real Madrid itu merasakan kesempatan menjadi kapten untuk pertama kalinya dalam pertandingan persahabatan melawan Korea Selatan pada Juni 2010, sebelum mengambil alih peran tersebut secara permanen pada 2018.

Meski berstatus sebagai pemain bertahan, Ramos yang pada awal kariernya bermain sebagai bek kanan adalah pencetak gol terbanyak kedelapan dalam sejarah sepak bola Spanyol setelah membukukan 23 gol hingga sejauh ini.

Ramos menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam keberhasilan Spanyol dalam beberapa tahun silam, termasuk keberhasilan La Roja di Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2008 serta 2012.

Sebelum pensiun, Sergio Ramos memiliki peluang untuk menambah trofi lagi dalam balutan seragam Spanyol ketika La Roja tampil di Piala Eropa 2021, sekaligus memperpanjang rekor penampilan internasional terbanyak untuk negara Eropa.