Liga Inggris

5 Klub Liga Inggris dengan Tagihan Gaji Tertinggi

Jumat, 13 November 2020 19:10 WIB
Editor: Juni Adi
© Catherine Ivill/Getty Images
Logo Liga Primer Inggris dalam bola terbaru musim 2020-2021 Copyright: © Catherine Ivill/Getty Images
Logo Liga Primer Inggris dalam bola terbaru musim 2020-2021

INDOSPORT.COM - Tak ada yang bisa menyangkal bahwa Liga Inggris merupakan liga dengan pendapatan terbesar di dunia. Kepopuleran dan persaingannya yang ketat membuat ini menjadi liga yang paling laris di seluruh dunia.

Sebagai imbasnya, Liga Inggris pun dengan mudah menari para pemain dengan bakat-bakat terbaik di seantero dunia, karena iming-iming gaji yang besar, selagi membuktikan diri dengan gelar prestisius.

Klub-klub top, atau bahkan yang hanya berkutat di papan tengah, bisa menggaet pemain dengan mahar transfer yang fantastis, dan upah musim yang luar biasa.

Klub seperti Crystal Palace saja bisa menggaji Wilfried Zaha sebesar 6,76 juta pounds (Rp126,23 miliar) selagi Wolves bisa menghabiskan mahar sebesar 40 juta euro (Rp671,9 miliar) untuk striker berusia 18 tahun yang kualitasnya belum terbukti, yaitu Fabio Silva.

Dengan pendapatan yang luar biasa, tagihan gajinya juga fantastis, dan berikut adalah lima klub dari kasta tertinggi sepak bola Inggris yang memiliki tagihan gaji terbanyak. Berikut INDOSPORT mengulasnya:

1. Manchester United - 159,5 juta pounds (Rp2,98 triliun) per musim

Ini mengejutkan atau tidak? Di satu sisi, kita mengetahui bahwa Manchester United merupakan salah satu klub top yang sedang terseok-seok di liga selama beberapa musim terakhir.

Namun, di sisi lain, The Red Devils masih menjadi klub yang paling laris di sepak bola Inggris karena nama besarnya di masa lalu. Terlepas dari itu, nyatanya United meninggalkan jauh rival-rivalnya dalam hal tagihan gaji ini.

Kiper David De Gea menjadi penerima upah tertinggi, diikuti oleh gelandang Paul Pogba. Penampilan mereka memang tidak sehebat bintang-bintang lain di Liga Inggris, namun terima saja, Manchester United memang tim kaya raya.

2. Chelsea -  128,5 juta pounds (Rp2,4 triliun) per musim

Hanya berbeda sedikit di bawah Man City adalah klub kaya raya lainnya, Chelsea, yang telah berbelanja besar-besaran pada bursa transfer musim panas tahun ini, setelah hukuman transfernya diangkat.

Kepa Arrizabalaga, yang merupakan kiper termahal dunia, merupakan pemain bergaji termahal di tim ini.

Namun sayangnya, kualitas yang tak sepadan membuatnya terdegradasi ke bangku cadangan pada musim ini, dengan Edouard Mendy mengambil alih tempatnya.

3. Manchester City - 128,4 juta pounds (Rp2,38 triliun) per musim

Dengan predikat sebagai tim kaya raya, cukup mengejutkan jika Manchester City bukan menjadi klub dengan tagihan gaji tertinggi di Liga Inggris. Namun begitu, mereka masih termasuk dalam tiga besar dalam daftar ini.

Para pemain terbaik mereka seperti Kevin De Bruyne dan Raheem Sterling merupakan orang-orang dengan gaji tertinggi dalam tim besutan Pep Guardiola.

Tagihan gaji The Citizens boleh jadi akan membengkak drastis pada musim depan, jika saja Lionel Messi jadi datang seketika kontraknya kadaluarsa dengan Barcelona pada akhir musim ini.

4. Arsenal - 117,8 juta pounds (Rp2,19 triliun) per musim

Meskipun tidak sedang berada dalam kondisi terbaiknya pada saat ini, Arsenal selalu menjadi salah satu tim terkaya di sepak bola Inggris, dengan banyaknya pemain bintang dalam skuat asuhan Mikel Arteta.

Uniknya, pemain bergaji termahal mereka, Mesut Ozil, tidak lagi menjadi bagian dalam tim. Di belakangnya, kapten Pierre-Emerick Aubameyang tidak terlalu jauh tertinggal.

5. Liverpool - 93,8 juta pounds (Rp1,75 triliun) per musim

Liverpool merupakan salah satu tim terbaik di Eropa pada saat ini, dengan memiliki bakat-bakat terbaik di seluruh dunia, seperti Alisson Becker, Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Virgil van Dijk, yang tagihan gajinya juga tidak main-main.

Setelah menggaet Thiago Alcantara, Diogo Jota, dan Kostas Tsimikas pada musim panas lalu, tagihan gaji Liverpool pun otomatis meningkat.