Liga Indonesia

Malu dengan Negara Tetangga, Iwan Bule Ungkap Obsesi PSSI demi Sepak Bola Indonesia

Jumat, 13 November 2020 21:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan Indonesia cukup tertinggal dengan beberapa negara tetangga dalam membangun sepak bola. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan Indonesia cukup tertinggal dengan beberapa negara tetangga dalam membangun sepak bola.

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan Indonesia cukup tertinggal dengan beberapa negara tetangga dalam membangun sepak bola. Karenanya, ia bertekad mewujutkan salah satu obsesi atau harapan besar demi kemajuan sepak bola Indonesia.

Iwan Bule, sapaan Iriawan, ingin PSSI memiliki kantor sendiri dan membangun kompleks latihan yang lengkap untuk Timnas Indonesia. Ia tidak ingin Indonesia terus tertinggal dari tetangga di Asean seperti Malaysia, Vietnam, Thailand bahkan Timor Leste yang punya kantor federasi sendiri.

"Pembangunan fasilitas untuk timnas latihan, lalu punya kantor dan ini sedang di diskusikan dengan pemerintah. Kalau dibandingkan dengan beberapa federasi, kita cukup ketinggalan, kita masih sewa kantor dan sempat pindah-pindah," katanya dalam webinar 'Mendesain Prestasi untuk Go Internasional’.

"Kami belum mampu sekitar Jakarta beli tanahnya. Tapi mudah mudah usai Covid bisa realisasi, bangun lapangan latihan internasional, karena kemarin Timnas U-16 di UEA itu lengkap sekali dan itu obsesi kami," imbuhnya.

Sebelumnya PSSI sudah mendapatkan titik cerah untuk membangun tempat latihan Timnas Indonesia. Induk sepak bola nasional dilaporkan mendapat tanah di Sukabumi, Jawa Barat yang merupakan milik anggota komite eksekutif (Exco), Pieter Tanuri.

Jika ada tanahnya, FIFA disebut akan menggelontorkan bantuan sekitar Rp40 miliar kurang lebih untuk membangun fasilitas yang diinginkan. 

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Mochamad Basoeki Hadimeljono, juga menyatakan pemerintah siap mendukung rencana PSSI. 

"Jika memang lahannya sudah ada dan siap, kami akan membantu," pungkas Basoeki.