Liga Spanyol

Sederet Berkah untuk Martin Odegaard dari Cederanya Federico Valverde

Jumat, 13 November 2020 12:27 WIB
Editor: Juni Adi
© Matthew Ashton - AMA/Getty Images
Martin Odegaard, wonderkid Real Madrid yang kini dipinjamkan ke Real Sociedad. Copyright: © Matthew Ashton - AMA/Getty Images
Martin Odegaard, wonderkid Real Madrid yang kini dipinjamkan ke Real Sociedad.

INDOSPORT.COM - Cedera yang menimpa Federico Valverde seharusnya menjadi momen bagi gelandang muda asal Norwegia, Martin Odegaard, untuk membuktikan kualitas dirinya di Real Madrid pada musim ini.

Pada hari Senin (9/11/20) lalu, Los Blancos telah mengumumkan bahwa gelandang timnas Uruguay, Federico Valverde, divonis mengalami retak tulang kaki yang membuatnya menepi untuk waktu yang cukup panjang.

Valverde telah menjadi sosok yang penting dalam permainan skuat asuhan Zinedine Zidane, bahkan sering kali meminggirkan gelandang veteran, Luka Modric, dalam berbagai kesempatan.

Sang pemain berusia 22 tahun akan absen setidaknya hingga bulan Desember mendatang, dan ini akan menjadi momen bagi Martin Odegaard, yang juga baru pulih dari cedera, untuk membuktikan kualitasnya.

"Itu sudah menjadi bukti bahwa sang pemain asal Norwegia [Odegaard] tidak berkontribusi sebaik Valverde. Dalam hal yang sama, sang pemain asal Uruguay tidak menawarkan sesuatu yang dimiliki oleh Odegaard," tulis Mario Calderon dari Mundo Deportivo.

"Sang Viking kecil adalah kompas yang terkadang diperlukan Zidane ketika Luka Modric absen atau tidak sedang tampil bagus. Bersama Eden Hazard, Odegaard memiliki kesempatan untuk mengambil alih kendali dan tidak melepaskannya - ini adalah momennya," imbuhnya.

Momen 'Kebetulan'

Odegaard baru kembali ke tim utama Real Madrid pada bursa transfer musim panas lalu, setelah tampil memukau bersama selama dipinjamkan ke Real Sociedad ketika sukses mencetak tujuh gol dan sembilan gol dari 36 pertandingan di semua ajang.

Dia tampil dalam tiga dari empat pertandingan perdana yang dimainkan oleh Los Blancos di Liga Spanyol pada periode September dan Oktober lalu, namun momennya diganggu oleh masalah cedera.

Sepulangnya dari jeda internasional, gelandang berusia 21 tahun ini divonis mengalami cedera betis yang membuatnya melewatkan enam pertandingan Madrid di semua ajang.

Namun laga kontra Valencia akhir pekan lalu, Odegaard sudah kembali ke lapangan, bermain selama 26 menit sebagai pengganti. Ia turun 12 menit sebelum Valverde ditarik keluar karena cedera.

Bocah Ajaib dari Norwegia

Odegaard sudah mencuri perhatian Madrid sejak usianya masih 17 tahun. Pada awalnya, ia digadang-gadang untuk bisa menjadi mega bintang masa depan, hingga akhirnya direkrut untuk bermain bagi Real Madrid Castilla.

Namun harapan tinggi untuknya perlahan meredup, dengan Odegaard sempat terbuang ke beberapa klub semenjana, seperti heerenveen, dan Vitesse di pentas sepak bola Belanda.

Ia akhirnya mendapatkan momennya untuk membuktikan diri ketika mendapatkan pinangan dari Real Sociedad pada musim lalu, dan pada akhirnya tampil bersama tim utama Real Madrid pada saat ini.

Setelah serangkaian naik-turun, dipuja hingga ke langit ketujuh, dan dinistakan hingga kerak keterpurukan terdalam, Odegaard kini perlu memanfaatkan momennya di tim ibu kota Spanyol.