Liga Inggris

Lama Beradaptasi dengan Arsenal, Willian Dikiritik Legenda Liverpool

Sabtu, 14 November 2020 18:37 WIB
Editor: Juni Adi
© Getty Images
Willian saat masih di Arsenal Copyright: © Getty Images
Willian saat masih di Arsenal

INDOSPORT.COM - Winger Arsenal, Willian dinilai belum benar-benar berkontribusi positif untuk timnya hingga saat ini. Meski sudah berpengalaman di Liga Inggris karena lama membela Chelsea, pemain asal Brasil itu belum mampu memperlihatkan kemampuan terbaiknya.

Dalam skema pelatih Mikel Arteta, Willian selalu bermain sebagai starter andai tidak cedera. Tapi sayangnya, permainan winger 32 tahun itu tidak benar-benar terlihat.

Musim 2020/21 ini Willian sudah dimainkan pada tujuh laga, tanpa mencetak gol, dan hanya membuat dua assist. Situasi ini membuat pihak Arsenal dituding keliru membeli sang pemain.

Bagaimana tidak, di usianya yang terbilang senja sebagai pesepakbola, Arsenal berani mengikat Willian dengan kontrak 3 tahun. Tadinya The Gunners yakin bahwa Willian akan memberikan dampak signifikan pada kreativitas permainan Arsenal di lapangan.

Kesulitan yang dialami Willian ini pun mendapat tanggapan dari analis sepak bola yang juga merupakan legenda Liverpool, John Barnes. Menurutnya, Willian tidak bisa sepenuhnya disalahkan.

Barnes menilai, Arsenal sebagai klub besar pun kondisinya sedang tidak stabil. Itu menurutnya, sudah berlangsung sejak beberapa musim terakhir.

"Willian bergabung dengan tim yang tidak konsisten. Tentu ini artinya bukan kesalahan si pemain sendiri, tapi juga kesalahan tim. Masalah ini ada pada Arsenal dan sang manajer Mikel Arteta, yang seharusnya bisa memaksimalkan Willian," ujar Barnes dikutip dari Football London, Sabtu (14/11/20).

Sebelumnya, ada dugaan bahwa Willian tidak terlalu bekerja keras karena sudah merasa kariernya aman di Arsenal dengan kontrak tiga tahun ke depan. Namun, Barnes tidak yakin akan hal itu.

Sebuah klub dan pemain akan berjalan beriringan. Menurut Barnes, jika Arsenal sedang dalam kondisi yang kondusif, Willian diyakini akan kembali mendapatkan sentuhan terbaiknya.

"Tinggal bagaimana Willian selalu bekerja keras dan memberikan 100% untuk tim," ujar Barnes.