Bola Internasional

Tidak Diprediksi Lolos, 3 Negara Ini Sukses Bikin Kejutan di Kualifikasi EURO 2020

Sabtu, 14 November 2020 10:25 WIB
Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Logo Euro 2020 Copyright: © INDOSPORT
Logo Euro 2020

INDOSPORT.COM - EURO 2020 akan dilangsungkan pada musim panas tahun depan, dan kini susunan grup telah lengkap setelah beberapa negara memastikan tempat mereka dari fase play-off.

Dari deretan nama negara yang sudah memastikan tempat mereka di babak grup EURO 2020, beberapa negara ini menjadi kejutan bagi banyak orang setelah berhasil lolos ke turnamen tertinggi para negara Eropa.

Setidaknya ada tiga negara yang memberikan kejutan dengan lolos ke EURO 2020, dan satu dari tiga negara ini akan diuntungkan dengan status tuan rumah yang mereka dapatkan.

Berikut ini adalah 3 negara yang bisa bikin kejutan di EURO 2020 rangkuman INDOSPORT.COM:

1. Hungaria

Drama terjadi di Budapest pada malam yang sangat bersejarah bagi Hungaria, dalam laga play-off EURO 2020, Hungaria berhasil bangkit dari ketinggalan 0-1 untuk menang dengan skor 2-1 atas Islandia.

Gol dari Gylfi Sigurdsson sempat meruntuhkan semangat Hungaria, sebelum keajaiban terjadi pada akhir laga. Loïc Négo menciptakan gol di dua menit sebelum laga usai, dan Dominik Szoboszlai membuat gol kemenangan di menit tambahan waktu.

Kelolosan Hungaria ke EURO 2020 akan menjadi berkah bagi anak asuh Marco Rossi, yang berkesempatan tampil di rumah sendiri di Grup F. Pada grup tersebut, Hungaria akan berjumpa Portugal, Prancis dan Jerman.

2. Makedonia Utara

Kapten Makedonia Utara, Goran Pandev mencetak satu-satunya gol untuk membawa negaranya ke turnamen besar pertama dalam sejarah sepak bola mereka setelah menyingkirkan Georgia di babak play-off dengan skor 1-0.

Keberhasilan Makedonia Utara lolos ke EURO 2020 sama sekali tidak dipertimbangkan oleh banyak orang, karena menilai kualitas tim yang mereka miliki tidak dapat bersaing untuk lolos ke turnamen terbesar negara-negara Eropa.

Namun, fakta di lapangan berbicara lain dan Makedonia Utara berhasil lolos ke EURO 2020 dengan bergabung di Grup C bersama Belanda, Ukraina dan Austria.

3. Finlandia

Berbeda dengan dua negara sebelumnya yang harus bertanding di babak play-off untuk lolos ke EURO 2020, Finlandia sudah memastikan tempat mereka dari jauh-jauh hari.

Finlandia berhasil meraih posisi runner-up pada babak kualifikasi Grup J, mereka berada di bawah Italia yang kokoh di posisi puncak.

Dan karena hasil tersebut, Finlandia dipastikan lolos ke babak grup EURO 2020 tanpa harus menjalani pertandingan play-off. Patut ditunggu seberapa kuat tim asuhan Markku Kanerva pada turnamen tahun depan.