In-depth

Mengapa Timnas Portugal Layak Juara Euro dan Piala Dunia Selanjutnya

Rabu, 11 November 2020 17:08 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Craig Mercer/MB Media/Getty Images
Timnas Portugal berpotensi juara Euro dan Piala Dunia edisi mendatang. Copyright: © Craig Mercer/MB Media/Getty Images
Timnas Portugal berpotensi juara Euro dan Piala Dunia edisi mendatang.

INDOSPORT.COM - Seberapa kans Timnas Portugal untuk menjuarai gelaran Euro dan Piala Dunia mendatang? Apalagi, ketika pamor mereka barusan menanjak usai memenangkan UEFA Nations League.

Portugal sendiri bukan nama baru di kancah sepak bola internasional. Debut secara profesional di ajang Piala Dunia 1996, Eusebio menjadi pentolan tim dan membantu mereka meraih tempat ketiga di kompetisi empat tahunan tersebut.

Sejauh ini, Portugal sudah berpartisipasi sebanyak tujuh kali sejak tahun 1966. Kini, mereka tengah mempersiapkan diri untuk gelaran tahun 2022 di Qatar dan tidak lupa Euro 2020 yang akan berlangsung tahun depan.

Di ajang Euro sendiri, Portugal akan bersaing di grup dengan beberapa peserta hebat lainnya seperti Prancis dan Jerman sembari menanti satu penantang lainnya antara Hungaria atau Islandia.

Sampai berita ini ditulis, Portugal saat ini menempati ranking kelima FIFA di bawah Belgia, Prancis, Brasil, dan Inggris. Lantas seberapa kans Cristiano Ronaldo cs untuk merebut panggung Eropa dan dunia dalam waktu dekat?

Generasi Emas

Jika membahas Timnas Portugal, mungkin yang muncul di benak adalah Cristiano Ronaldo. Ya, pemain Juventus tersebut memang ikon senior di tim ini dan pastinya nama besar di dunia sepak bola.

Akan tetapi, satu hal yang membuat mereka mungkin unggul untuk meraih kesuksesan ke depannya adalah stok pemain muda yang melimpah. Hal ini pula yang membuat para suporter merasa percaya diri dengan tim kesayangannya tersebut.

Timnas Portugal memiliki Joao Felix, Diogo Jota, Joao Cancelo, Rafael Leao, dan Pedro Neto yang seperti kita ketahui, sedang bermain di klub-klub sepak bola liga top Eropa.

Pemain-pemain ini akan mengombinasikan semangat muda mereka bersama Bruno Fernandes dan Bernardo Silva, tidak lupa sejumlah veteran seperti Pepe, Ronaldo, dan Rui Patricio.

Para senior yang berada di Timnas Portugal saat ini pun masih bermain di level tertinggi mereka, sehingga tim besutan Fernando Santos tersebut memiliki kombinasi yang apik dari dua kelompok usia.

Lini tengah dan serang mereka pun cukup tangguh untuk membuat lawan-lawannya bergidik. Bagaimana tidak? Ada pemain macam Ronaldo, Jota, Fernandes, Felix, dan Bernardo Silva yang akan dibantu oleh Leao.

Melihat fakta ini, tentu tidak mengherankan para penggemar punya keyakinan kuat bahwa Timnas Portugal akan dengan mudah memenangkan banyak gelar termasuk Euro dan Piala Dunia edisi selanjutnya.