In-depth

Cristiano Ronaldo dan Zlatan Ibrahimovic, Bukti Serie A Italia Ramah Pemain Tua?

Selasa, 10 November 2020 21:14 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Zlatan Ibrahimovic dan Cristiano Ronaldo bersaing ketat di daftar top skor Serie A Italia. Apakah ini bukti kompetisi itu memang ramah terhadap pemain gaek? Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT
Zlatan Ibrahimovic dan Cristiano Ronaldo bersaing ketat di daftar top skor Serie A Italia. Apakah ini bukti kompetisi itu memang ramah terhadap pemain gaek?

INDOSPORT.COM – Zlatan Ibrahimovic dan Cristiano Ronaldo bersaing ketat di daftar top skor Serie A Italia. Apakah ini bukti kompetisi itu memang ramah terhadap pemain gaek?

Sebuah fenomena menarik terjadi di Serie A Italia musim ini, yakni bertenggernya dua pemain gaek di daftar top skor sementara. Zlatan Ibrahimovic yang sudah berusia 39 tahun berada di puncak dengan 8 gol, diikuti Cristiano Ronaldo (35 tahun) yang mengoleksi 6 gol bersama Andrea Belotti.

Ibrahimovic pun menjadi pencetak gol terbanyak tertua di antara liga-liga Eropa lainnya. Di Ligue 1 Prancis dan LaLiga Spanyol daftar itu dipuncaki pemain 23 tahun yakni Boulaye Dia (Reims) dan Mikel Oyarzabal (Sociedad).

Sementara itu, Jamie Vardy (33) memuncaki Liga Inggris bersama 3 pemain lain yang berusia di bawah 30 tahun, dan Robert Lewandowski (32) menjadi pencetak gol terbanyak sementara di Bundesliga Jerman.

Cristiano Ronaldo diboyong Juventus pada awal musim 2018/2019. Meski sudah berusia 33 tahun ketika itu, Ronaldo masih menunjukkan tajinya bersama Si Nyonya Tua. Hingga saat ini, ia telah tampil 68 kali di Serie A Italia dan mencetak 58 gol, serta menyumbangkan dua gelar scudetto.

Sementara itu, sejak didatangkan pada pertengahan musim lalu, Zlatan Ibrahimovic menjadi kunci kebangkitan AC Milan. Rossoneri dibawanya finis ke peringkat enam musim lalu, dan menjadi pemuncak klasemen sementara musim ini.

Jika dilihat secara sepintas, hal ini seolah menunjukkan Serie A Italia adalah liga yang ramah bagi pemain-pemain gaek.

Namun, nyatanya tak hanya kedua pemain itu yang masih tampil gemilang meski telah berusia lebih dari 35 tahun. Sejumlah pemain gaek lainnya pun terbukti masih menjadi andalan di klub-klub Serie A Italia lainnya.

Di Parma, ada nama Bruno Alves yang sudah berusia 38 tahun. Pemain Portugal ini masih menjadi andalan di posisi bek sentral, dengan tampil 5 kali dari 8 laga yang sudah dijalani Parma. Tiga absen yang dialaminya pun bukanlah karena rotasi pemain, melainkan karena ia terinfeksi Covid-19.

Sementara itu, di Fiorentina ada nama Franck Ribery yang kini berumur 37 tahun. Musim ini, eks Bayern Munchen ini telah tampil 5 kali di Serie A Italia. Ia pun masih berperan penting dengan telah menorehkan dua assist.

Selain itu, masih ada Fabio Quagliarella yang masih menjadi penyerang utama Sampdoria dan telah mencetak 4 gol musim ini, meski sudah menginjak 37 tahun.

Juventus sendiri masih memiliki pemain gaek selain Ronaldo. Giorgio Chiellini yang sudah berusia 36 tahun masih menjadi sosok sentral di lini belakang dan masih tangguh saat menghadapi para penyerang yang jauh lebih muda seperti Romelu Lukaku, Lautaro Martinez, hingga Giovanni Simeone.

Secara umum, Serie A Italia musim ini memiliki rataan umur 26,8 tahun. Angka ini lebih tinggi dibandingkan Liga Inggris (26,7), Bundesliga Jerman (25,4), dan Ligue 1 Prancis (25,2). Namun, posisi puncak justru dipegang oleh LaLiga Spanyol (27,4).

Di kompetisi terakbar Spanyol itu, rekor pemain tertua saat ini dipegang oleh penyerang Elche, Nino. Meski demikian, bintang 40 tahun itu hanya berstatus sebagai pemain pelapis di timnya.

Catatan ini menunjukkan bahwa sebenarnya LaLiga Spanyol-lah yang lebih layak dijuluki sebagai liga yang ramah bagi pemain tua.

Meski demikian, para pemain veteran di Serie A Italia lebih memiliki peran sentral di klub masing-masing, seperti yang ditunjukkan Zlatan Ibrahimovic yang merupakan pemain tertua kompetisi itu musim ini, Cristiano Ronaldo, dan nama-nama lain di atas.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%