Bola Internasional

Penantian Panjang Goran Pandev Terbayar, Makedonia Utara Resmi Tampil di Euro 2020

Jumat, 13 November 2020 13:52 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor:
© Levan Verdzeuli - UEFA/UEFA via Getty Images
Penantian panjang Goran Pandev terbayar sudah setelah Makdeonia Utara memastikan langkah mereka untuk bisa berlaga di Euro 2020. Copyright: © Levan Verdzeuli - UEFA/UEFA via Getty Images
Penantian panjang Goran Pandev terbayar sudah setelah Makdeonia Utara memastikan langkah mereka untuk bisa berlaga di Euro 2020.

INDOSPORT.COM – Penantian panjang Goran Pandev terbayar sudah setelah Makdeonia Utara memastikan langkah mereka untuk bisa berlaga di Euro 2020.

Ini merupakan pencapaian istimewa untuk Makedonia Utara. Pasalnya, mereka harus menunggu 27 tahun lamanya untuk bisa tampil di Euro 2020 yang sekaligus menjadi turnamen besar pertama sepanjang sejarah yang berhasil mereka ikuti.

Dan sosok yang layak dibuatkan patung dan namanya disematkan sebagai nama jalan atau bahkan dibuat sebagai nama hari libur di Makedonia Utara adalah Goran Pandev.

Ia sukses mencetak gol penentu kelolosan Makedonia Utara ke Euro 2020 di babak play-off Jumat (13/11/2020) dini hari tadi.

Gol yang membuat jalanan di Skopje, ibukota Makedonia Utara, dipenuhi oleh konvoi yang merayakan salah satu catatan penting dalam sejarah bangsa mereka.

Bomber veteran yang telah berusia 37 tahun tersebut pastinya tak menyangka, jika di senja karirnya saat ini dirinya malah berkesempatan untuk bisa mengecap pengalaman tampil di turnamen paling bergengsi seantero Eropa tersebut.

Pandev sendiri merupakan salah satu legenda hidup sepakbola Makedonia Utara. Dengan catatan 114 kali penampilan sejak melkoni debut pada tahun 2001 lalu, dirinya merupakan pemegang rekor penampilan terbanyak bagi timnas negara eks Yugoslavia tersebut.

Di level klub, capaian prestasi Pandev bisa dibilang bukan kaleng-kaleng. Dirinya tercatat pernah mengantarkan Inter Milan meraih treble winner pada musim 2009/10.

Dan capaian prestasi serta rekor yang dipegangnya tersebut sekarang bertambah komplit. Pandev sudah semestinya tersenyum lebar dan tak perlu memikirkan nasib Makedonia Utara di Euro 2020 mendatang.

Nantinya, Makedonia Utara yang memiliki ranking 65 di FIFA tersebut akan bergabung di Grup C bersama Belanda, Ukraina, dan Austria.

Mereka juga akan menjadi salah satu tim debutan kedua di Euro 2020 setelah sebelumnya Finlandia telah memastikan kelolosan mereka terlebih dahulu.