Liga Inggris

Philip Cocu Dipecat, Wayne Rooney Jadi Pelatih di Derby County

Minggu, 15 November 2020 14:41 WIB
Editor: Coro Mountana
© INDOSPORT
Wayne Rooney saat sesi konferensi pers bersama Timnas Inggris. Copyright: © INDOSPORT
Wayne Rooney saat sesi konferensi pers bersama Timnas Inggris.

INDOSPORT.COM - Mantan pemain Manchester United, Wayne Rooney diangkat sebagai caretaker (pelatih sementara) klub kasta kedua Liga Inggris, Derby County setelah pelatih utama mereka, Phillip Cocu resmi dipecat pada Sabtu (14/11/20) lalu.

Dilansir dari laman BBC, keputusan Derby County melepas Phillip Cocu disebabkan karena sejumlah hasil buruk yang diraih The Rams sepanjang gelaran divisi Championship musim ini.

Tercatat, dari 11 kali pertandingan yang telah dijalani musim ini, Derby County hanya bisa meraih satu kemenangan, tiga hasil seri dan tujuh lainya berakhir dengan kekalahan, termasuk saat digilas Barnsley FC dua gol tanpa balas pada pekan sebelumnya.

Hasil tersebut membuat Derby untuk sementara berada di juru kunci klasemen Championship dengan raihan enam angka, selisih dua poin dari Coventry yang berada di zona aman.

Tidak cuma Phillip Cocu, sejumlah asisten serta tim pelatih Derby pun dikabarkan ikut dipecat seperti asisten manajer Chris van der Weerden serta Twan Scheepers ikut pergi dari Pride Park Stadium.

Dengan keputusan tersebut, manajemen Derby County pun menunjuk Wayne Rooney sebagai penanggung jawab klub untuk menghadapi Bristol di laga lanjutan divisi Championship Sabtu (21/11/20) mendatang.

"Saya minta maaf kepada Philip dan stafnya karena telah meninggalkan klub. Saya ingin berterima kasih kepadanya secara pribadi atas semua bantuan dan dukungannya sebagai bagian dari staf pelatihnya," ucap Rooney dinukil dari BBC.

"Yang paling penting sekarang adalah menstabilkan klub dan mulai memperbaiki posisi di klasemen. Saya telah diminta menjadi bagian dari staf pelatih untuk membantu persiapan tim menuju pertandingan vital melawan Bristol City," tambahnya.

Wayne Rooney sendiri merupakan salah satu pemain senior yang ada di skuad Derby saat ini. Tercatat, sejak pertama kali didatangkan pada Januari lalu, pemain berusia 35 tahun ini sudah tampil dalam 33 pertandingan dengan mencetak 7 gol dan memberikan 3 assist.

Meski belum memiliki rekam jejak melatih, namun pengalamannya saat tampil bersama Manchester United diharapkan bisa meningkatkan performa Derby dalam beberapa pertandingan ke depan.