Bola Internasional

4 Tim yang Akan Dihadapi oleh Timnas Indonesia U-19 di Korea Selatan

Senin, 16 November 2020 13:38 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Timnas Indonesia U-19 akan menjalani latihan di Korea Selatan. Copyright: © PSSI
Timnas Indonesia U-19 akan menjalani latihan di Korea Selatan.

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia U-19 asuhan Shin Tae-yong direncanakan akan menghadapi empat tim dalam laga uji coba selama menjalani pemusatan latihan (TC) di Daegu, Korea Selatan.

Timnas Indonesia dijadwalkan akan menjalani pemusatan pelatihan di lapangan Daegu pada tanggal 10 Desember mendatang sampai akhir Januari tahun depan.

Tidak hanya menjalani latihan skala penuh, mereka juga akan diuji kemampuannya saat menjalani laga uji coba. Dilansir dari Yeongnam, setidaknya ada empat tim yang direncanakan bakal menghadapi David Mulana dkk.

Tim Garuda Muda bakal mengawalinya dengan menghadapi tim Divisi 2 Daegu FC. Selain itu, mereka juga dijadwalkan menghadapi laga persahabatan melawan tim sepak bola Universitas Yeungnam, Universitas Daegu, dan Universitas Gyeongil.

Seperti yang diungkapkan oleh Shin Tae-yong kepada media tersebut, latihan TC ini tidak hanya fokus memperkuat kekuatan fisik para pemain, namun juga mengembangkann semangat kompetitif mereka.

"Kami akan fokus untuk memperkuat kekuatan fisik para pemain Indonesia di lapangan latihan Daegu dan, yang terpenting, mengembangkan semangat kompetitif untuk melakukan yang terbaik hingga akhir tanpa menyerah bahkan dalam situasi yang ekstrim," ujar Shin kepada media tersebut. 

Sebanyak 50 orang, termasuk 30 pemain timnas U-19 dan 20 staf pendukung akan tiba di Korea untuk bergabung dengan Shin Tae-yong yang memang sudah berada di Korea sejak kembali dari TC di Kroasia beberapa waktu lalu.

Tim Indonesia kemungkinan akan tiba di Korea sekitar tanggal 25 November. Namun, mereka masih harus menjalani karantina selama 15 hari sebelum memulai pelatihan skala penuh di Daegu pada tanggal 10 bulan depan.

Shin Tae-yong sendiri didaulat menjadi juru taktik Timnas Indonesia U-19 dengan harapan bisa memberi hasil yang terbaik saat tim bertanding di Piala Dunia U-20 pada 2021 yang akan diadakan di Indonesia tahun depan.

Misi ini cukup berat dipikul oleh Shin Tae-yong mengingat Indonesia saat ini berada di peringkat 173 dalam rangking FIFA dan tergolong tim lemah di Asia Tenggara.

Bulan lalu mereka baru saja kembali dari pemusatan latihan di Kroasia dengan membawa hasil positif. Hal ini menambah kepercayaan Shin bahwa tim asuhannya siap tampil di ajang Piala Dunia U-20 tahun depan.