Bola Internasional

Media Korea Selatan Bocorkan Timnas Indonesia U-19 Akan TC di Daegu

Senin, 16 November 2020 13:21 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© PSSI
SkRencana Timnas Indonesia U-19 yang akan menjadi pemusatan pelatihan (TC) di Korea Selatan menjadi sorotan dari media lokal Copyright: © PSSI
SkRencana Timnas Indonesia U-19 yang akan menjadi pemusatan pelatihan (TC) di Korea Selatan menjadi sorotan dari media lokal

INDOSPORT.COM – Rencana Timnas Indonesia U-19 yang akan menjadi pemusatan pelatihan (TC) di Korea Selatan menjadi sorotan dari media lokal. Media tersebut juga membocorkan lokasi tempat tim Garuda Muda bakal menjalani TC.

Media asal Korea Selatan, Yeongnam, pada Minggu (15/11/20) melaporkan bahwa Timnas Indonesia U-19 yang berada di bawah asuhan Shin Tae-yong dijadwalkan akan tiba di lapangan latihan Daegu.

Hal ini juga dikonfirmasi langsung oleh Shin Tae-yong, terkait program latihan apa saja yang akan dia lakukan selama mengawal Timnas Indonesia U-19 menjalani TC di kota Daegu ini. 

"Kami akan fokus untuk memperkuat kekuatan fisik para pemain Indonesia di lapangan latihan Daegu dan, yang terpenting, mengembangkan semangat kompetitif untuk melakukan yang terbaik hingga akhir tanpa menyerah bahkan dalam situasi yang ekstrim," ujar Shin kepada media tersebut. 

Sebanyak 50 orang, termasuk 30 pemain timnas U-19 dan 20 staf pendukung akan tiba di Korea untuk bergabung dengan Shin Tae-yong yang memang sudah ada di Korea sejak kembali dari TC di Kroasia beberapa waktu lalu.

Tim Indonesia kemungkinan akan tiba di Korea sekitar tanggal 25 November. Namun, mereka masih harus menjalani karantina selama 15 hari sebelum memulai pelatihan skala penuh di Daegu pada tanggal 10 bulan depan.

Shin Tae-yong sendiri didaulat menjadi juru taktik Timnas Indonesia U-19 dengan harapan bisa memberi hasil yang terbaik saat tim bertanding di Piala Dunia U-20 pada 2021 yang akan diadakan di Indonesia tahun depan.

Misi ini cukup berat dipikul oleh Shin Tae-yong mengingat Indonesia saat ini berada di peringkat 173 dalam rangking FIFA dan tergolong tim lemah di Asia Tenggara.

Namun, Shin Tae-yong memberi harapan baru saat mengawal tim Garuda Muda yang mencapai hasil luar biasa saat menjalani TC di Kroasia, di mana mereka mengalahkan para pemain Eropa dalam laga uji coba.

Bulan lalu, mereka memenangkan laga uji coba 4-1 melawan Makedonia Utara, yang menduduki peringkat ke-66 FIFA.  Selain itu, mereka juga menaklukkan Qatar 2-1 yang merupakan tim terkuat di Timur Tengah.

Timnas Indonesia U-19 tak henti-hentinya mendapat pujian saat berhasil mengalahkan dua klub Eropa, yakni 1-0 melawan Dynamo Zagreb, dan 4-0 melawan Haiduk Split. Kedua tim ini tengah bersaing memperebutkan tempat pertama dan kedua di peringkat negara mereka.