Bola Internasional

Mantan Pelatih Sebut Timnas Italia Bisa Juarai Euro 2020

Senin, 16 November 2020 21:44 WIB
Editor: Juni Adi
© twitter.com/azzurri
Para pemain Italia merayakan gol Jorginho Copyright: © twitter.com/azzurri
Para pemain Italia merayakan gol Jorginho

INDOSPORT.COM - Salah satu mantan pelatih Timnas Italia, Dino Zoff, memprediksi bahwa skuad Gli Azzurri arahan Roberto Mancini saat ini berpotensi meraih gelar juara Euro 2020 yang berlangsung bulan Juni mendatang.

Timnas Italia sendiri sepanjang tahun 2020 ini memang tampil sangat impresif. Tercatat, Giorgio Chiellini dan kolega belum pernah menelan kekalahan di semua ajang dalam tujuh pertandingan terakhir.

Teranyar, Timnas Italia berhasil meraih kemenangan dua gol tanpa balas saat berjumpa Polandia pada lanjutan UEFA Nations League 20/21 pada 15 November lalu.

Hasil tersebut membuat Timnas Italia kini bertengger di puncak klasemen Grup A1, dan berpotensi lolos ke babak semifinal yang mulai berlangsung pada 6 Oktober mendatang.

Melihat performa Italia yang terus menuai hasil positif, Dino Zoff pun yakin jika skuad arahan Roberto Mancini ini bisa meraih gelar juara terutama di ajang Euro 2020.

“Menang selalu sulit, tapi dia (Mancini) bisa melakukannya dengan sangat baik dan memiliki peluang besar untuk melaju jauh,” kata Zoff dinukil surat kabar La Stampa.

Meski punya peluang juara, namun pelatih yang sempat membawa Juventus menjuarai UEFA Cup 89/90 tersebut mengingatkan Mancini, bahwa kompetisi Euro nanti tak akan berjalan sulit lantaran bakal menggunakan sistem berbeda pasca pandemi.

“Azzurri termasuk di antara empat tim teratas Eropa dan pekerjaan Mancini sangat luar biasa. Namun, ini akan menjadi turnamen yang anomali, bukan hanya karena Covid-19 tetapi juga karena ini adalah kompetisi keliling, sehingga permainan akan dimainkan di beberapa negara berbeda,” tambahnya.

Pada gelaran Euro 2020 nanti, Timnas Italia akan tergabung di Grup A, bersama dengan Turki, Wales dan juga Swiss. Melihat dari rekor pertemuan, peluang Italia lolos dari babak penyisihan grup terbilang cukup terbuka.

Namun rintangan justru terjadi di babak 16 besar, lantaran kompetisi bakal berlokasi di sejumlah negara mulai dari Jerman, Spanyol, Inggris, Skotlandia, hingga Belanda. Sebelum akhirnya menjalani partai final, yang berlangsung di London tanggal 11 Juli 2021 mendatang.