Liga Indonesia

Resmi jadi WNI, Marc Klok: Panggil Saya Mas Klok

Senin, 16 November 2020 22:14 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Persija
Pemain Persija Jakarta Marc Klok resmi menyandang status Warga Negara Indonesia. Copyright: © Persija
Pemain Persija Jakarta Marc Klok resmi menyandang status Warga Negara Indonesia.

INDOSPORT.COM - Pemain Persija Jakarta, Marc Klok secara resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah proses naturalisasinya rampung pada 12 November lalu. Ia mengatakan, mulai saat ini orang-orang bisa memanggilnya dengan sebutan 'Mas' Klok. 

Dalam blog pribadinya, marcklok.com, pemain 27 tahun itu mengaku sangat senang mimpi besarnya telah terwujud. Ia pun tidak masalah jika nantinya orang-orang memanggilnya 'Mas' yang merupakan sapaan kepada lelaki dalam budaya jawa.

"Mulai 12 November 2020, Marc Klok adalah warga negara Indonesia. Tidak masalah kalau bertemu saya di mana saja dan memanggil saya 'Mas' Klok. Saya akan senang," tulisnya.

Sejak pertama kali tiba di Indonesia pada 2017 lalu, ia langsung jatuh cinta dengan Indonesia. Karenanya, ia tak ragu untuk melepas statusnya sebagai warga negara Belanda dan menjadi WNI (berdasarkan keturunan kakek buyutnya). 

"Sejak saya tiba di sini, saya langsung merasa nyaman dan percaya diri bisa berkontribusi untuk Indonesia. Impian saya mulai tercapai selangkah demi selangkah selama tiga tahun saya di Indonesia," tuturnya.

"Berawal dari bermain untuk PSM Makassar dan sekarang Persija Jakarta, saya merasakan atmosfer sepakbola yang luar biasa; persaingan, suporter, bahkan drama yang ada di dalamnya. Keramahan orang Indonesia juga membuat saya semakin jatuh cinta dengan Indonesia," pungkas Klok.

Dengan resmi menjadi WNI, Marc Klok punya kesempatan untuk membela Timnas Indonesia. Ia akan menyusul beberapa pemain keturunan Indonesia-Belanda lain seperti Stefano Lilipaly, Raphael Maitimo, Sergio van Dijk dan lainnya membela skuat Garuda.