Bola Internasional

Alasan Didier Deschamps Kembali Panggil Rabiot ke Timnas Prancis

Selasa, 17 November 2020 07:24 WIB
Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Adrien Rabiot, gelandang tengah PSG. Copyright: © INDOSPORT
Adrien Rabiot, gelandang tengah PSG.

INDOSPORT.COM - Didier Deschamps, pelatih Timnas Prancis, punya alasan tersendiri atas keputusannya kembali memanggil Adrien Rabiot.

Nama Adrien Rabiot memang terbilang sudah cukup lama absen dari Timnas Prancis. Kurang lebih dua tahun lamanya, 2018 sampai 2020, Rabiot tak mendapat panggilan tugas negara.

Semua berawal ketika Rabiot menolak masuk daftar waiting list dalam skuat Prancis yang dibawa untuk gelaran Piala Dunia 2018.

Kondisinya makin parah kala Rabiot enggan menyetujui proposal perpanjangan kontrak yang disodorkan mantan klubnya, Paris-Saint-Germain (PSG) pada pertengahan musim 2018/19.

PSG lantas membekukan status Adrien Rabiot yang sekaligus membuat sang pemain mustahil dilirik Timnas Prancis. Awal musim 2019/20 Rabiot pindah ke Juventus, tapi itu belum jua mampu memperbaiki keadaan.

Juventus yang masih dilatih Maurizio Sarri, jarang sekali memberikan kesempatan kepada Rabiot. Sarri meragukan kondisi fisik Rabiot yang sudah enam bulan tak merumput.

Setengah musim berjalan, atau memasuki tahun 2020, Rabiot perlahan bisa memperbaiki performa. Rabiot menyelesaikan musim 2019/20 dengan total catatan penampilan sebanyak 37 kali.

Berlanjut ke musim 2020/21, Juventus mencopot Sarri dan mempercayakan Andrea Pirlo sebagai pelatih. Bersama arahan Pirlo, peran Rabiot sejauh ini tetaplah vital lantaran selalu tampil di setiap laga Juventus.

Melihat peningkatan yang menghiasi karier Rabiot, pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps pun ikut gembira. Buktinya Deschamps kembali mau memanggil Rabiot untuk membela Timnas Prancis.

"Dia (Rabiot) telah banyak berkembang. Ada momen sulit setelah di PSG, dan awal kariernya di Juventus juga berjalan sulit. Saya tak bisa bilang dia sudah berubah, tapi dia tak lagi sama seperti yang dulu," kata Deschamps, dikutip Football Italia.

"Ada rasa percaya antara kami sekarang, dan kami terus berdiskusi. Dia tak masalah jika dimainkan terlalu dalam atau lebih maju, terlalu ke kanan atau ke kiri. Dia bisa beradaptasi," lanjut Deschamps.

Rabiot tercatat sudah tampil empat kali dalam lima laga UEFA Nations League yang dilakoni Prancis. Terakhir, Rabiot beraksi saat Prancis bersua Portugal dan meraih kemenangan 1-0, Minggu (15/11/20) kemarin.