Liga Indonesia

Lolos AFC Licensing Club Jadi Bukti Arema FC Menjaga Eksistensi Klub

Jumat, 20 November 2020 19:51 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Lolosnya Arema FC sebagai salah satu klub Liga 1 dalam AFC Licensing Club, menjadi bukti atas keseriusan pengelolaan. Copyright: © INDOSPORT
Lolosnya Arema FC sebagai salah satu klub Liga 1 dalam AFC Licensing Club, menjadi bukti atas keseriusan pengelolaan.

INDOSPORT.COM - Lolosnya Arema FC sebagai salah satu klub Liga 1 dalam AFC Licensing Club, menjadi bukti atas keseriusan pengelolaan sebagai bagian dari eksistensi klub di kancah sepak bola Indonesia.

Sebagaimana diketahui, tim Singo Edan menjadi satu dari enam klub Liga 1 yang lolos lisensi klub profesional dari federasi sepak bola Asia tersebut. Lima klub lain adalah Bali United, Persib Bandung, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC dan Borneo FC.

"Saat ini kondisi tersulit bagi semua klub. Tapi proses Licensing Club sudah menjadi rutinitas tahunan, di mana kita harus melaporkan kondisi klub ke AFC," tukas Sudarmaji pada rilis resmi Jumat (20/11/20).

"Kami tetap bersemangat menjaga rutinitas itu, sekaligus fokus kerja dan kerja untuk menjaga eksistensi klub," Media Officer Arema FC itu menambahkan.

Maka dari itu, prestasi ini dijadikan momen untuk membuktikan keseriusan Arema FC dalam mengelola klub profesional. Hebatnya lagi, konsistensi itu dijalani Arema selama lima tahun beruntun sejak 2015 silam.

"Mari kita bersatu fokus menjaga Arema tetap ada, pengelola Arema FC terus kerja keras soal itu. Dan hampir lima tahun berturut-turut, kami mempertahankan Club licensing ini," tandas dia.

AFC tidak mengubah patokannya dalam menilai kelayakan keenam klub tersebut sebagai klub profesional. Penilaian tetap mengacu pada lima aspek besar yakni legalitas (badan hukum resmi), finansial (keuangan), insfratruktur (sarana dan pra sarana klub), supporting (akademi) hingga personel adminitrasi (sumber daya manusia).