Liga Indonesia

6 Klub Liga 1 Kantongi Lisensi AFC, Tak Ada Nama Persija

Jumat, 20 November 2020 14:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP/Getty Images
Tak ada Persija Jakarta dalam daftar klub yang dinyatakan lolos AFC Club Licensing Cycle. Copyright: © LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP/Getty Images
Tak ada Persija Jakarta dalam daftar klub yang dinyatakan lolos AFC Club Licensing Cycle.

INDOSPORT.COM - PSSI telah menyelesaikan AFC Club Licensing Cycle tahun 2020. Terdapat enam klub yang dinyatakan lolos verifikasi yakni Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib Bandung, dan Arema FC.

AFC Club Licensing Cycle merupakan proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional yang diperkenalkan oleh AFC untuk mendukung perkembangan sepak bola.

Selain sebagai acuan standar profesional, AFC Club Licensing Cycle juga juga merupakan suatu syarat klub untuk dapat berpartisipasi di kompetisi resmi AFC seperti AFC Champions League dan AFC Cup.

Ada lima kriteria yang menjadi penilaian pada AFC Club Licensing. Kelima aspek tersebut mencakup sporting, infrastructure, personnel serta administration, legal, dan finance. 

Tahun ini, seluruh klub Liga 1 2020 mengajukan untuk mengikuti proses ini. Namun, setelah melalui rapat Club Licensing Committee yang dilaksanakan pada Kamis (19/11/20) di Hotel Harris FX, Jakarta, diputuskan hanya enam klub dinyatakan granted atau lolos verifikasi. 

"PSSI kedepan akan sedang menyiapkan National Club Licensing untuk kita terapkan di Liga 1 dan Liga 2," kata plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi dalam rilis PSSI.

"Kami berharap semakin banyak klub profesional di Tanah Air yang membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia sudah berada dalam track menuju industri sepak bola. Karena semakin banyak klub profesional di Indonesia, semakin maju dan jaya sepakbola Indonesia," imbuhnya.

Jika dibandingkan dengan verifikasi AFC tahun lalu, bisa dibilang ada penurunan kualitas klub. Musim lalu ada delapan klub yang dinyatakan lolos verifikasi yakni Arema FC, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, PSM Makassar, Bali United dan Bhayangkara FC.