In-depth

Mimpi Buruk Chelsea di Liga Inggris Itu Bernama Newcastle United dan St James Park

Jumat, 20 November 2020 10:34 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Pekan ke-9 Liga Inggris 2020/21 nampak akan menjadi petaka bagi Chelsea. Pasalnya, di pekan ini, The Blues akan bertandang ke St. James Park yang merupakan markas dari Newcastle United.

Chelsea saat ini berada di peringkat ke-5 Liga Inggris 2020/21 dengan koleksi 15 poin. Poin tersebut didapatkan dari delapan laga yang telah dijalani.

Sumbangsih poin terbanyak didapatkan dalam lima laga terakhirnya. Chelsea belum sekalipun menelan kekalahan dari lima laga terakhirnya di Liga Inggris 2020/21 dengan tiga kemenangan dan dua hasil imbang.

Bahkan Chelsea menunjukkan kedigdayaannya di lima laga terakhir Liga Inggris 2020/21 dengan mencetak 14 gol dan hanya kebobolan empat gol saja.

Catatan tersebut menjadikan Chelsea sebagai tim terproduktif di Liga Inggris musim ini dengan total memasukkan 20 gol dan tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit kedua dengan 10 gol.

Bisa dikatakan, di pekan-pekan awal Liga Inggris 2020/21 ini, Chelsea menemukan keseimbangan baik dalam menyerang dan bertahan. Tentunya raihan ini tak lepas dari para pemain anyar yang datang di musim panas 2020 lalu.

Dengan laju tersebut, Chelsea pun diyakini akan meneruskan tren positifnya di pekan ke-9 Liga Inggris 2020/21. Namun, harapan tersebut bisa saja pupus mengingat The Blues harus bertandang ke St. James Park yang merupakan markas Newcastle United.

Secara materi pemain ataupun status klub, Chelsea unggul segalanya di atas Newcastle di ajang Liga Inggris. Boleh saja membandingkan komposisi pemain antara kedua tim.

Belum lagi dengan adanya fakta bahwa di Liga Inggris 2020/21 ini, Newcastle terkesan tampil angin-anginan dan hanya menduduki peringkat ke-13, tertinggal empat poin dari Chelsea di peringkat kelima.

Buruknya penampilan Newcastle musim ini pun juga terlihat dari perbedaan gol The Magpies. Anak asuh Steve Bruce mengalami defisit tiga gol dengan catatan memasukkan 10 gol dan kebobolan 13 gol.

Bisa dikatakan, Chelsea unggul segalanya secara performa di musim ini dari Newcastle United. Tiga poin pun diyakini akan diraih The Blues dengan mudah di pekan ke-9 ini.

Namun, ada baiknya sedikit berkaca dari pengalaman. Entah bagaimana sehebat-hebatnya dan sebaik-baiknya performa Chelsea seakan padam saat berhadapan dengan Newcastle United di St. James Park.

Sebagai bukti, dalam 25 kali kunjungan Chelsea ke St. James Park sejak format baru Liga Inggris, The Blues telah menelan kekalahan sebanyak 12 kali dan hanya mampu meraih tujuh kemenangan di markas Newcastle.

Catatan tersebut menjadikan Newcastle sebagai tim yang sering mengalahkan Chelsea saat menjalani laga tandang. The Magpies hanya kalah dari Liverpool (15 kekalahan) dan Arsenal (13 kekalahan).

Ironisnya lagi, dalam tujuh lawatan terakhir Chelsea ke St. James Park, The Blues tumban sebanyak lima kali, sekali imbang dan sekali menang. Satu-satunya kemenangan terjadi di era Maurizio Sarri pada musim 2018/19.

Tujuh lawatan terakhir Chelsea ke St. James Park sendiri juga melibatkan pelatih sekaliber Jose Mourinho dan Antonio Conte. Di era dua pelatih yang membawa The Blues juara Liga Inggris itu, klub asal London Barat ini tetap tak berdaya di markas Newcastle.

Catatan-catatan ini menjadi bukti bagaimana Newcastle dan St. James Park benar-benar batu sandungan Chelsea di Liga Inggris.

Apalagi di pekan ke-9 Liga Inggris 2020/21 ini, Chelsea diyakini takkan diperkuat beberapa bintangnya yang baru pulang dari jeda internasional.

Hal ini berbeda dengan para pemain Newcastle yang tak banyak berpartisipasi di laga internasional sehingga punya waktu istirahat lebih banyak.

Dengan situasi saat ini dan rekam jejak kedua tim, Newcastle United bisa saja memberi Chelsea kekalahan ke-13 di St. James Park, terlepas dari moncernya performa dan materi pemain yang dimiliki The Blues.