Liga Spanyol

6 Pemain yang Berpeluang Tinggalkan Barcelona pada Januari

Sabtu, 21 November 2020 20:14 WIB
Editor: Juni Adi
© FC Barcelona
Samuel Umtiti berlatih di Barcelona. Copyright: © FC Barcelona
Samuel Umtiti berlatih di Barcelona.

INDOSPORT.COM - Barcelona tengah mengalami musim yang berat. Tak hanya musim nirgelar yang membuat mereka tersiksa, sebab pandemi virus corona juga telah menyebabkan krisis keuangan di kubu Camp Nou.

Sejumlah pemain top dengan gaji yang tinggi seperti Luis Suarez, Ivan Rakitic, dan Arturo Vidal telah dikorbankan. Dijual dengan harga murah, demi meringankan tagihan gaji tahunan.

Gelandang belia Arthur Melo ditukar dengan pemain berusia kepala tiga, Miralem Pjanic, dari Juventus demi menyeimbangkan neraca keuangan, dan kesulitan keuangan tak kunjung reda.

Barca telah berhemat juga di bursa transfer musim panas lalu, namun mereka bisa melanjutkan menjual pemain pada bulan Januari mendatang demi memperbaiki kondisi keuangan klub.

Siapa saja pemain yang bisa dikorbankan pada bursa transfer musim dingin nanti? Berikut INDOSPORT mengulasnya:

1. Samuel Umtiti

Sang bek tengah tim nasional Prancis ini sudah mengalami penurunan performa yang signifikan sejak mengalami cedera lutut pada tahun 2018, dengan hanya tampil 27 kali dalam dua musim terakhir di Liga Spanyol.

Di bawah asuhan pelatih Ronald Koeman musim ini, Samuel Umtiti dianggap sebagai pemain tak berguna alias deadwood di dalam klub. Ia tidak pernah bermain musim ini, dan tidak susah dilihat bahwa dia masuk dalam daftar jual Januari nanti.

2. Carles Alena

Sejak mencatatkan 17 penampilan untuk skuat Barcelona yang menjuarai Liga Spanyol pada musim 2018/2019, menit bermain Alena terpangkas hingga ia dipinjamkan ke Real Betis pada paruh kedua musim lalu.

Alena masih tidak diandalkan sepulangnya dari masa pinjaman tersebut pada musim panas lalu, dan Betis mungkin akan menjadi destinasinya sekali lagi pada bursa transfer nanti.

3. Riqui Puig

Puig menciptakan sensasi dengan memainkan 11 pertandingan Liga Spanyol pada musim lalu, namun sejak kedatangan Koeman, menit bermainnya terpangkas drastis menjadi hanya tiga menit pada musim ini.

Koeman sudah pernah menyarankannya untuk hengkang sejak musim panas lalu, dan Puig bertekad untuk memperjuangkan tempatnya. Namun melihat situasinya sekarang, bukan tidak mungkin ia berubah pikiran.

4. Junior Firpo

Firpo hanya berkesempatan main pada 17 laga pada musim debutnya di Camp Nou pada 2019/2020 lalu. Sang bek kiri kini belum pernah dimainkan di kasta tertinggi sepak bola Spanyol oleh Koeman musim ini.

Dia hanya tampil sebagai pengganti ketika Barca menang atas Ferencvaros dan Juventus di Liga Champions. Mengingat harganya yang masih lumayan tinggi, maka Firpo berpotensi besar dilepas, dengan Inter Milan dikabarkan tertarik.

5. Martin Braithwaite

Kedatangan sang striker timnas Denmark sudah mengherankan sedari awal. Semakin aneh pula ketika Suarez dilepas dan ia dipertahankan, serta diberikan nomor punggung 9.

Terlepas dari cedera Ansu Fati yang membuat lini serang kekurangan personel, namun Braithwaite bisa saja hengkang jika Barca mendapatkan tawaran bagus dari tiga klub Inggris yang meminatinya.

6. Ousmane Dembele

Ousmane Dembele sudah dirumorkan untuk pindah ke Manchester United sejak musim panas lalu, namun Barca enggan melepasnya karena tawaran yang datang hanya dalam format pinjaman.

Ia sudah kembali bugar pada musim ini, dengan mencetak tiga gol dari delapan pertandingan di semua ajang. Namun potensinya untuk cedera lagi, dan kesulitan finansial bisa memaksa Barcelona untuk melepasnya pada musim dingin ini.

Penulis: Reinaldy Darius

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%