Liga Indonesia

Kantongi Lisensi AFC, Persib: Kami Paham 5 Aspek Sebuah Klub Profesional

Sabtu, 21 November 2020 13:11 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Arif Rahman/INDOSPORT
Skuat Persib Bandung. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Skuat Persib Bandung.

INDOSPORT.COM - Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahyono, bersyukur Persib Bandung menjadi salah satu dari enam tim yang mendapatkan lisensi klub profesional dari Asian Football Confederation (AFC).

Sebagai informasi, PSSI melalui rapat Club Licensing Committee yang dilaksanakan pada Kamis (19/11/2020) di Hotel Harris FX, Jakarta, memutuskan enam klub dinyatakan Granted. Keenam klub tersebut adalah Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC, Arema FC dan Persib Bandung.

Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi mengatakan bahwa di tengah pandemi Covid-19, PSSI melalui Club Licensing Department telah menyelesaikan AFC Club Licensing Cycle 2020, sudah ada enam tim yang dinyatakan profesional setelah memenuhi semua persyaratan AFC.

AFC Club Licensing Cycle merupakan suatu proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional yang diperkenalkan oleh AFC untuk mendukung perkembangan sepak bola.

Selain sebagai acuan standar profesional, AFC Club Licensing Cycle juga juga merupakan suatu syarat klub untuk dapat berpartisipasi di kompetisi resmi AFC seperti AFC Champions League dan AFC Cup.

"Predikat granted license dari AFC adalah hasil yang patut kita semua syukuri," kata Teddy, Jumat (20/11/2020).

Teddy menuturkan, pihaknya sangat memperhatikan lima kriteria yang menjadi penilaian pada AFC Club Licensing. Kelima aspek tersebut mencakup sporting, infrastructure, personnel serta administration, legal, dan finance, sehingga tim kebanggaan Bobotoh bisa kembali mendapatkan lisensi klub profesional dari AFC.

"Karena kami sangat paham bagaimana pentingnya lima aspek licensing bagi sebuah klub professional," jelas Teddy.

Sementara itu, lisensi klub profesional tersebut bukanlah yang pertama bagi skuat Maung Bandung, karena status klub profesional dari AFC selalu diperoleh Persib sejak tahun 2015 lalu.