Liga Indonesia

Selalu Dapat Lisensi AFC Sejak 2015, Ini Kunci Utama Persib Bandung

Sabtu, 21 November 2020 18:31 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Skuat Persib Bandung kala menghadapi Arema FC di laga Liga 1 pekan kedua. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Skuat Persib Bandung kala menghadapi Arema FC di laga Liga 1 pekan kedua.

INDOSPORT.COM - Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahyono, membeberkan kunci keberhasilan Persib Bandung selalu mendapat lisensi klub profesional dari Asian Football Confederation (AFC) sejak 2015 lalu.

Menurut Teddy, salah satu keberhasilan Persib bisa mempertahankan lisensi klub profesional AFC yakni kerja keras yang dilakukan manajemen, dengan memperhatikan lima kriteria yang menjadi penilaian pada AFC Club Licensing. Kelima aspek yang menjadi penilaian mencakup sporting, infrastructure, personnel serta administration, legal, dan finance. 

"Tentu dengan kerja keras kami semua di PT PBB, yang selalu terus berusaha melakukan yang terbaik bagi Persib Bandung," kata Teddy.

Sebagai informasi, Persib Bandung menjadi salah satu dari enam tim yang mendapatkan lisensi klub profesional dari AFC. Keenam klub tersebut adalah Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC, Arema FC dan Persib Bandung.

Sebelumnya, PSSI melalui rapat Club Licensing Committee yang dilaksanakan pada Kamis (19/11/20) di Hotel Harris FX, Jakarta, memutuskan enam klub dinyatakan Granted.

Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi mengatakan bahwa di tengah pandemi Covid-19, PSSI melalui Club Licensing Department telah menyelesaikan AFC Club Licensing Cycle 2020, sudah ada enam tim yang dinyatakan profesional setelah memenuhi semua persyaratan AFC.

AFC Club Licensing Cycle merupakan suatu proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional yang diperkenalkan oleh AFC untuk mendukung perkembangan sepak bola.

Selain sebagai acuan standar profesional, AFC Club Licensing Cycle juga juga merupakan suatu syarat klub untuk dapat berpartisipasi di kompetisi resmi AFC seperti AFC Champions League dan AFC Cup.

Manajemen menurut Teddy bersyukur, karena Persib kembali mendapatkan predikat klub profesional dari AFC. Apalagi, lisensi tersebut selalu diraih skuat Maung Bandung sejak 2015 lalu.

"Predikat granted license dari AFC adalah hasil yang patut kita semua syukuri, karena kami sangat paham bagaimana pentingnya lima aspek licensing bagi sebuah klub profesional," jelas Teddy.

Persib akan berusaha mempertahankan predikat tersebut, karena lisensi itu sangat penting dan menjadi suatu syarat klub untuk dapat berpartisipasi di kompetisi resmi AFC seperti AFC Champions League dan AFC Cup.