In-depth

Unai Simon: Penggusur David Dea Gea, Pengganti Kepa Arrizabalaga

Sabtu, 21 November 2020 14:27 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© David S. Bustamante/Soccrates/Getty Images
Jeda internasional November jadi momen indah bagi Unai Simon. Ia menjadi kiper utama Spanyol di tiga laga beruntun menggusur David de Gea dan Kepa Arrizabalaga. Copyright: © David S. Bustamante/Soccrates/Getty Images
Jeda internasional November jadi momen indah bagi Unai Simon. Ia menjadi kiper utama Spanyol di tiga laga beruntun menggusur David de Gea dan Kepa Arrizabalaga.

INDOSPORT.COM – Jeda internasional November jadi momen indah bagi Unai Simon. Ia menjadi kiper utama Spanyol di tiga laga beruntun menggusur David de Gea dan Kepa Arrizabalaga.

Bersaing dengan David de Gea dan Kepa Arrizabalaga di skuat timnas Spanyol pada rangkaian laga uji coba dan Nations League bulan November ini, Unai Simon diyakini hanya akan menjadi pilihan ketiga.

Pasalnya, David de Gea mulai kembali tampil baik seiring hadirnya persaingan ketat dari Dean Henderson di Manchester United. Sementara itu, meski tersingkir dari skuat Chelsea, Kepa Arrizabalaga tetaplah kiper berpengalaman dengan 11 caps untuk timnas Spanyol.

Di sisi lain, meski menjadi andalan Athletic Bilbao, Unai Simon sejauh ini hanya bisa membawa tim tersebut bertengger di peringkat 14 klasemen sementara LaLiga. Tak cuma itu, ia juga belum pernah tampil sekalipun bersama timnas Spanyol di tingkat senior.

Meski demikian, kejutan terjadi di laga ujicoba melawan Belanda. Pelatih Luis Enrique di luar dugaan mencadangkan de Gea dan Kepa demi memberi kesempatan bagi Simon mengawal gawang La Furia Roja.

Meski gagal mencetak cleansheet di laga yang berakhir 1-1 itu, penampilan Unai Simon rupanya memuaskan Enrique. Sang pelatih pun kemudian kembali menurunkannya di dua laga Nations League, yakni menghadapi Swiss dan Jerman.

Tampil di laga penting menghadapi Jerman yang memperebutkan tiket ke semifinal Nations League rupanya tak membuat Simon keder. Ia justru tampil gemilang.

Menghadapi lini serang Tim Panser yang berisikan Timo Werner, Serge Gnabry, dan Leroy Sane, ia justru sukses meraih cleansheet pertamanya bersama La Furia Roja, dan membantu timnya meraih kemenangan spektakuler 6-0.

Dengan umurnya yang baru 23 tahun dan penampilannya yang konsisten di level klub, serta kegemilangan yang ia tunjukkan di timnas meski baru tampil 3 kali, bukan tidak mungkin Unai Simon akan menjadi andalan untuk beberapa tahun ke depan.

Apalagi, meski mulai membaik David de Gea belum sepenuhya kembali ke performa puncak, sedangkan Kepa Arrizabalaga minim menit bermain di Chelsea.