Bola Internasional

3 Pemain Kelas Dunia yang Mendadak Bodoh saat Bela Tim Nasional

Senin, 16 November 2020 13:32 WIB
Editor: Juni Adi
© Agustin Marcarian - Pool/Getty Images
Lionel Messi saat menguasai bola pada pertandingan antara Argentina dan Ekuador kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022. Copyright: © Agustin Marcarian - Pool/Getty Images
Lionel Messi saat menguasai bola pada pertandingan antara Argentina dan Ekuador kualifikasi Piala Dunia FIFA 2022.

INDOSPORT.COM - Label kelas dunia yang disandang karena menjadi bintang bagi klubnya masing-masing, tidak menjamin pemain bisa jadi sosok yang sama ketika membela Timnas negaranya masing-masing.

Sudah banyak sekali contohnya dari para pesepakbola kelas dunia yang mendadak bodoh saat membela timnas negara mereka.

Tampil moncer di klub membuat mereka pasti jadi langganan dipanggil tim nasional. Tapi kenyataannya, ketika berseragam tim nasional negaranya sendiri, beberapa pemain top malah tampil buruk. 

Lantas siapa sajakah mereka? Kami sudah rangkum 3 pemain kelas dunia yang kebangetan bodoh saat bela tim nasional. Simak selengkapnya:

1. Lionel Messi

Di urutan pertama tentu saja kita sepakat, yaitu Lionel Messi. Mengangkat empat trofi Liga Champions, sepuluh kali juara LaLiga Spanyol, 19 kali top skorer di semua kompetisi bersama Barcelona, ternyata tidak terlihat kala dia membela Timnas Argentina.

Dengan semua raihan itu, tidak ada yang membantah bahwa Messi adalah pemain terbaik dunia saat ini. Tapi ketika bermain untuk Albiceleste, Messi mendadak bodoh.

Kekalahan tiga kali beruntun di laga final (Piala Dunia 2014, Copa America 2015 dan 2016), adalah noda hitam dalam perjalanan karirnya di level tim nasional.

2. Sergio Aguero

Siapa yang tidak mengenal Sergio Aguero, mesin gol untuk Manchester City dalam beberapa musim terakhir. Tidak hanya itu, produktivitas Aguero juga sukses membawa Man City menjuarai empat trofi Liga Inggris.

Tapi begitu dipanggil Timnas Argentina, Aguero tiba-tiba seperti pemain medioker saja. Buktinya, tiga edisi Piala Dunia dimainkan dengan seragam Timnas Argentina, dia baru mencetak dua gol.

3. David De Gea

David De Gea sempat disebut-sebut sebagai penerus takhta penjaga gawang Timnas Spanyol milik Iker Casillas. Tapi sejak Euro 2016, kiper Manchester United itu belum sepenuhnya terbukti sukses sebagai penerus.

Terus jadi opsi pertama bagi Setan Merah, De Gea beberapa kali justru melakukan blunder fatal sebagai kiper Timnas Spanyol.

Menurut Transfermarkt, dari total 45 penampilan di semua ajang bersama Timnas Spanyol, kiper berusia 30 tahun itu hanya mengoleksi 20 clean sheets saja.

Penulis: Tomy Wijanarko