Bola Internasional

Diego Armando Maradona, Sosok Legenda yang Dibentuk oleh Tangan Tuhan

Kamis, 26 November 2020 15:09 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor:
© Bob Thomas Sports Photography via Getty Images
Diego Maradona (tengah), saat mencetak gol menggunakan tangannya ke gawang Inggris yang dijaga Peter Shilton (kanan), pada babak perempat final Piala Dunia 1986 Meksiko. Copyright: © Bob Thomas Sports Photography via Getty Images
Diego Maradona (tengah), saat mencetak gol menggunakan tangannya ke gawang Inggris yang dijaga Peter Shilton (kanan), pada babak perempat final Piala Dunia 1986 Meksiko.

INDOSPORT.COMDiego Armando Maradona adalah sosok legenda sepakbola Argentina yang telah mencetak lebih dari 300 gol sepanjang karirnya.

Banyak gol yang tercipta lewat aksi ajaib sekaligus sentuhan di luar nalar yang bisa membuat banyak orang geleng-geleng kepala saking takjubnya.

Tetapi, ada satu gol yang sampai saat ini dan mungkin sampai kapanpun akan terus diingat dan dibahas oleh para pecinta sepakbola di seluruh penjuru dunia.

Gol tersebut tercipta kala Argentina bertemu Inggris di babak perempat final Piala Dunia 1986 yang saat itu diselenggarakan di Meksiko.

Sebuah pertandingan yang saat itu di dalam bayangan Maradona merupakan sebuah medan tempur yang harus dimenangkan. Mengingat tensi tinggi kedua negara menyusul konflik Malvinas yang terjadi di antara Argentina dan Inggris.

Ada 2 gol yang diciptakan Maradona dalam laga tersebut. Dua gol yang meloloskan Argentina ke babak semifinal Piala Dunia 1986 sekaligus membuka jalan untuk merengkuh gelar juara kedua sepanjang sejarah.

Sementara gol kedua yang dinobatkan sebagai gol terbaik abad ini tercipta lewat aksi fenomenal Maradona melewati 6 pemain Inggris sebelum menceploskan bola ke gawang Peter Shilton.

Gol pertama Argentina di laga tersebut sarat akan kontroversi. Aksi kontroversi yang selalu dibahas kala kita membicarakan sosok Diego Maradona.

Maradona menciptakan gol tersebut dengan sedikit bantuan ‘Tuhan’. Melalui sentuhan tangannya, ia berhasil mengelabui Peter Shilton di bawah mistar Inggris.

“Shilton berpikir saya bakal menabrak dirinya. Tetapi ia salah sangka, saya melompat layaknya seekor katak,” tutur Diego Maradona seperti tertulis di dalam buku autobiografinya yang berjudul ‘Maradona’.

Saat itu, rekan-rekannya bertanya apakah ia menyentuh bola dengan tangannya. Mengingat Maradona terlihat jelas memang memberikan sentuhan untuk mengubah arah bola.

“Diam saja dan teruslah merayakan gol ini,” ujar Maradona.

Gol ‘Tangan Tuhan’ itu sendiri bukanlah gol pertama yang diciptakan oleh Maradona dengan sentuhan tangannya. Jauh sebelum Piala Dunia 1986 Meksiko, ia sempat ketahuan oleh wasit kala melakukan hal tersebut.

Dalam wawancara yang dilakukan jauh setelah insiden tersebut, Maradona mengakui jika dirinya beberapa kali melakukan gol ‘Tangan Tuhan’ kala merumput di Argentina dan mengulanginya sebanyak 2 kali kala ia berseragam Napoli.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%