Liga Indonesia

Apa Kabar Nyoman Sukarja? Eks Gelandang Berkualitas Bali United yang Siap Comeback

Senin, 30 November 2020 13:27 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
© Nofik Lukman/INDOSPORT
I Nyoman Sukarja (tengah) bersama Martinus Novianto dan Anggo Julian. Copyright: © Nofik Lukman/INDOSPORT
I Nyoman Sukarja (tengah) bersama Martinus Novianto dan Anggo Julian.

INDOSPORT.COM - I Nyoman Sukarja pernah menjadi salah satu pilihan utama di skuat Bali United. Namun, namanya tenggelam ketika cedera lutut dialami Sukarja tahun 2018. Apa kabar Sukarja sekarang?

Sukarja merupakan salah satu gelandang serang berkualitas yang pernah dimiliki Bali United. Sebagai pemain generasi pertama, Sukarja sejatinya cukup bersaing dengan deretan gelandang Bali United.

Namun cedera benar-benar mengganggu konsistensi Sukarja. Pada tahun 2017, tepatnya bulan Maret, Sukarja mengalami cedera dalam sesi latihan di Lapangan Trisakti. Situasi itu membuat Sukarja hanya tampil lima kali dengan sumbangsih satu gol di akhir Liga 1 2017.

Sukarja lebih optimis menatap tahun 2018. Dia memperkuat sektor penyerangan bersama Stefano Lilipaly dan Martinus Novianto. Empat kali berlaga di Piala AFC 2018, Sukarja menyumbang satu gol ke gawang Yangon United.

Sementara di Liga 1 2018, Sukarja dapat menit bermain cukup banyak. 15 laga dilalui Sukarja dengan catatan enam kali starter dan sembilan kali masuk sebagai pemain pengganti. Sukarja mencetak satu gol ke gawang Madura United.

Sayangnya, Sukarja kembali mengalami cedera. Sukarja mengalami masalah pada bagian lutut, tepatnya otot Anterior Cruciate Ligament (ACL). Cedera itu benar-benar membuat nama Sukarja tenggelam.

Proses penyembuhan Sukarja berjalan cukup lama. Bahkan lebih lama dari dua rekan setimnya, Agus Nova Wiantara dan Hanis Sagara Putra yang juga mengalami masalah pada ACL.

Barulah pada awal 2020, Sukarja kembali ke lapangan hijau. Dia kerap memperkuat klub Mitra Devata Bali. Klub ini diperkuat deretan mantan pemain profesional asal Bali, seperti Gangga Mudana, Bayu Sutha hingga Komang Mariawan.

Salah satunya ketika menghadapi AT Farmasi Old Star Solo di Training Camp Lestarindo Soccerfield, Boyolali, Minggu (29/11/20). Dua golnya membantu Mitra Devata menang telak 9-1. INDOSPORT berkesempatan menemui pemain kelahiran 17 Agustus 1989 ini usai laga melawan AT Farmasi.

"Sekarang kondisi saya sudah fit. Tentunya saya ingin dan siap kembali ke karir profesional," ucap I Nyoman Sukarja.

Sukarja sudah kembali ke lapangan hijau pada awal 2020. Namun tak lagi bersama Bali United karena kontraknya sudah berakhir pada 31 Desember 2019. Dia memperkuat sejumlah klub lokal Bali, termasuk Mitra Devata, untuk mengembalikan kondisi.

"Saya sudah main sembilan kali bersama Mitra Devata. Senang bisa berada di tim ini karena kekeluargaannya sangat kuat," kata Sukarja.

Sebenarnya Sukarja hampir comeback tahun ini. Dia mendapat informasi dari Chief Executive Officer (CEO) Bali United, Yabes Tanuri tentang ketertarikan salah satu klub Liga 2 2020 kepada dirinya.

"Sayangnya kompetisi Liga 2 batal karena ada Covid-19. Jadi ya tertunda. Semoga tahun depan saya bisa kembali," tutur Sukarja.

Publik Bali tentu menanti-nanti kembalinya Sukarja ke kompetisi profesional. Bukan tak mungkin, setelah sukses bersama klub Liga 2, Sukarja bisa comeback ke skuat Bali United.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%