Liga Inggris

2 Klub Liga Inggris yang Nyaris Diperkuat Diego Maradona

Selasa, 1 Desember 2020 16:57 WIB
Editor: Juni Adi
© ORLANDO SIERRA/AFP/Getty Images
Legenda Argentina, Diego Maradona. Copyright: © ORLANDO SIERRA/AFP/Getty Images
Legenda Argentina, Diego Maradona.

INDOSPORT.COMDiego Maradona dikenal sebagai salah satu pemain sepak bola terhebat sepanjang sejarah, ia meninggal dunia pada usia 60 tahun karena serangan jantung dan ada beberapa hal yang gagal dicapainya dalam karier bermainnya.

Pesepakbola legendaris itu menghabiskan sebagian besar karier bermainnya di Barcelona dan Napoli, tetapi belum pernah mendapat kesempatan untuk mencicipi sepak bola Inggris.

Dari sekian banyak klub sepak bola Inggris, hanya terdapat dua klub yang sebenarnya nyaris mendatangkan Maradona untuk bermain di Negeri Ratu Elizabeth II itu.

Berikut ini adalah dua klub Liga Inggris yang nyaris menggunakan jasa Diego Maradona yang telah dirangkum oleh INDOSPORT.

1. Sheffield United

Maradona tidak pernah bermain untuk tim Inggris manapun, tapi itu tidak berarti dia tidak punya kesempatan. Sheffield United memiliki kesepakatan untuk mengontraknya, tetapi itu tidak terjadi.

Pada Oktober 1976, masih dalam usia 15 tahun, bocah yang kelak menjadi legenda sepak bola itu beraksi untuk pertama kalinya di La Paternal. Hanya butuh beberapa menit bagi pemain Argentina itu untuk mencuri perhatian klub luar.

Pada tahun 1978, setelah menjadi tak tergantikan di Argentinos Juniors dan tidak menerima panggilan untuk tim nasional Argentina pada tahun yang sama, Maradona dapat meninggalkan negaranya untuk berkarier di Inggris.

John Ludden, penulis buku 'Maradona's Adventure in Europe' mengatakan bahwa Maradona bertekad untuk bergabung dengan Sheffield United pada tahun itu, klub yang pada saat itu bermain di divisi dua Inggris.

Maradona sudah siap untuk pergi. Tawaran Sheffield United sekitar 400.000 ribu poundsterling untuk membawa Maradona dan pemain lain bernama Carlos Fren sudah disiapkan. Bahkan tiket pesawat sudah dipesan.

Namun karena keserakahan agen mereka, membuat mereka meminta lebih banyak uang dan transfer dihentikan. Sheffield United pada akhirnya memutuskan untuk mengontrak Alex Sabella.

2. Tottenham Hotspur

Diego Maradona bermain untuk Tottenham Hotspur dalam laga testimonial Ossie Ardiles di depan 30.000 penggemar di White Hart Lane pada tahun 1986, namun bukan dalam status pemain permanen.

Mantan pemain dan manajer Spurs, Ardiles sempat berusaha membawa Maradona ke White Hart Lane secara permanen selama tahun-tahun senja karier sang gelandang, meski gagal terwujud.

Kekecewaan karena kehilangan Maradona tidak berlangsung lama, karena Tottenham berhasil mendapatkan Jurgen Klinsmann yang tiba untuk memperkuat lini depan Spurs.

Seperti sudah takdir Tuhan, dua kali Maradona sempat hampir merumput reguler di Inggris tapi keduanya gagal karena satu dan lain alasan.