Bursa Transfer

Gabung Liverpool, Nilai Diogo Jota Langsung Meroket 2 Kali Lipat

Rabu, 2 Desember 2020 14:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Getty Images
Diogo Jota 2. Copyright: © Getty Images
Diogo Jota 2.

INDOSPORT.COM – Diogo Jota kini mengalami peningkatan nilai hingga dua kali lipat hanya dalam  waktu tiga bulan setelah penampilannya yang apik bersama Liverpool.

Diogo Jota didatangkan oleh Jurgen Klopp dari Wolves pada bursa transfer musim panas, atau tepatnya September 2020 lalu senilai 41 juta pounds atau setara 778 miliar rupiah.

Jota dibeli untuk memberikan back up dan kompetisi bagi trio penyerang The Reds, Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane, yang telah menjadi andalan selama beberapa musim.

Penyerang internasional Portugal itu pun mulai membuktikan diri sebagai pembelian yang sukses di Anfield. Dalam 15 penampilannya di semua ajang, dia sudah mempersembahkan 9 gol untuk The Reds.

Torehannya itu rupanya telah membuat dia menjadi bintang baru di kalangan fans Liverpool. Bukan hanya itu saja, nilai jualnya di pasar transfer meningkat pesat.

Dilansir dari Liverpool Echo,  data dari CIES menunjukkan bahwa nilai Diogo Jota telah meroket hampir 16,5 juta euro atau setara Rp276 miliar.

Kini Diogo Jota pun memiliki label nilai sebesar 84 juta euro atau Rp1,4 miliar. Peningkatan nilai transfer ini jelas cukup besar bila dihitung dari kedatangannya sejak tiga bulan yang lalu.

Jota pun bergabung dengan tiga pemain di liga top Eropa yang mengalami peningkatan nilai dua kali lipat. Mereka di antaranya dua pemain Borussia Dortmund, Erling Haaland (naik 35,3 juta euro) dan Gio Reyna (naik 34,4  juta euro).

Kemudian ada juga gelandang Manchester United, Bruno Fernandes, yang juga tampil apik pada musim debutnya, dengan kenaikan hampir 19,9 juta euro atau Rp340 miliar.

Kenaikan nilai Jota ini sendiri juga merupakan salah satu contoh nyata dari kerja pakar transfer Liverpool, Michael Edwards. Sejak kedatangannya di klub, dia sudah berhasil menemukan permata di bursa transfer, seperti Mohamed Salah dan Roberto Firmino.

Diogo Jota sendiri selama bulan November cukup produktif. Dia mencetak lima gol dalan lima pertandingan untuk The Reds, termasuk hattrick dalam kemenangan 5-0 atas Atalanta di Liga Champions.