Bola Internasional

Profil Penang FA, Klub Ryuji Utomo yang Pernah Diperkuat Sergio Aguero

Rabu, 2 Desember 2020 07:49 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© instagram.com/penangfcofficial
Para pemain Penang FA, klub baru Ryuji Utomo. Copyright: © instagram.com/penangfcofficial
Para pemain Penang FA, klub baru Ryuji Utomo.

INDOSPORT.COM - Penggemar Persija Jakarta baru saja kehilangan bek tengah andalanya bernama Ryuji Utomo Prabowo karena hengkang ke Penang FA.

Ryuji Utomo Prabowo berlabuh ke klub yang baru saja promosi ke Liga Super Malaysia itu dengan kontrak pinjaman hingga Desember 2021 mendatang.

Pasti banyak pencinta sepak bola Indonesia yang masih asing bila mendengar klub Penang FA. Klub yang memiliki julukan Harimau Kumbang itu sebenarnya memiliki sejarah bagus di Malaysia.

Penang FA merupakan klub nomor lima paling sukses di Malaysia yang sudah meraih 14 trofi juara di kompetisi domestik. Mereka sempat menjalani masa keemasan pada 1950 hingga 1970 silam.

Kemudian saat lahirnya Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM), banyak tokoh dari Penang yang ikut menyuarakan untuk mengadakan sistem kompetisi dari level tertinggi hingga terendah.

Sempat mengalami pasang surut, Penang FA mengalami keterpurukan pada 2010 silam di mana mereka harus terdegradasi ke kasta kedua Liga Malaysia.

Dilansir dari transfermarkt, mereka sempat memakai jasa pelatih yang kini menangani Persipura Jayapura yakni Jacksen F Tiago pada 2014 hingga 2016 lalu. Jacksen pun sukses membawa klub tersebut kembali ke Liga Super Malaysia 2017.

Namun mereka ternyata hanya dua musim bertahan dan harus kembali ke kasta kedua. Kemudian pada musim 2019, Penang FA sempat memakai jasa pemain Argentina bernama Sergio Fabian Ezequiel Aguero.

Pemain yang akrab disapa Sergio Aguero itu sempat diisukan bakal bergabung ke Persib Bandung pada Januari 2020 lalu tetapi gagal. Ia pun kemudian tetap berada di Malaysia dan bergabung ke Kuala Lumpur Rovers.

Kini Penang FA berhasil kembali naik ke Liga Super Malaysia dan berburu pemain-pemain bintang demi bisa bersaing. Salah satunya merekrut bek Persija Jakarta, Ryuji Utomo, dengan status pinjaman.

Hengkangnya Ryuji Utomo ke Liga Super Malaysia mendapatkan banyak dukungan dari fans Persija karena kompetisi Liga 1 2020 yang tidak jelas bisa menghambat bakatnya untuk berkembang.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%