Liga Indonesia

Dari Film Jalan, Muly Munial Menjadi Agen Pemain Top Indonesia

Jumat, 4 Desember 2020 20:28 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Dok. Pribadi
Muly Munial bersama para pemainnya. Copyright: © Dok. Pribadi
Muly Munial bersama para pemainnya.

INDOSPORT.COM - Nama Mulyawan Munial mungkin sudah tak asing di kancah sepak bola Indonesia. Pria yang kerap disapa Muly Munial ini merupakan satu agen pemain sukses Indonesia.

Sepak terjang Muly sebagai agen memang sudah tak diragukan lagi. Beberapa pemain top Indonesia seperti Bambang Pamungkas, Evan Dimas, Andik Vermansyah, Rendy Juliansyah dan lainnya mempercayai sosok pria bertubuh tambun ini.

Namun siapa sangka menjadi seorang agen bukanlah pekerjaan awalnya. Dia sempat ternyata bekerja di bagian keuangan. Semua itu ia tuangkan dalam sebuah wawancara di akun Youtube PSIM Jogja.

"Saya sampai ke Australia. SMA saya di Australia karena ingin belajar tenis di sana," kata Muly dalam acara bertajuk Half Time Session.

"Lalu, S2 saya mengambil marketing bisnis. Saya sempat kerja juga di bank tahun 1997. Jadi latar belakang saya memang di dunia keuangan," tutur Muly.

Namun, karier Muly di dunia keuangan tidak berjalan mulus. Akibat krisis ekonomi yang melanda Indonesia, Muly terpaksa meninggalkan pekerjaannya.

Momen tersebut ternyata dijadikan titik balik oleh Muly. Berawal dari sebuah film dan didasari kecintaan olahraga jalan dirinya menjadi seorang agen terbuka. 

"Dari situ saya sempat nonton film berjudul Jerry Maguire. Dari film tersebut saya belajar, ternyata kalau kamu gagal sebagai atlet, kalau passion kamu masih di olahraga, ada satu profesi namanya agen yang di sana terlibat membantu para atlet. Bagi saya, itu kerja impian," kata Muly.

"Akhirnya saya belajar industri ini. Kebetulan di Indonesia ketika itu (peran agen) masih kecil. Saya melamar ke mana-mana, ada satu perusahaan bernama International Management Group (IMG), saya coba belajar sama mereka karena mereka kebetulan ada cabang di Jakarta."

"Walau saya gak ada background sport management, tapi sesuatu yang dikerjakan dengan passion, dengan hati, itu suatu saat bisa menghasilkan. Dan saya sudah 20 tahun di industri ini," tuturnya.

Muly sendiri saat ini mengelola Munial Sports Group (MSG) yang menaungi banyal pesepak bola muda berbakat, seperti Rendy Juliansyah, Hanif Sjahbandi, dan beberapa pemain muda lainnya.