Liga Spanyol

Ketakutan? Ronald Koeman Jawab Masa Depan Lionel Messi di Barcelona

Sabtu, 5 Desember 2020 01:20 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Yosef Bayu Anangga
© David Ramos/Getty Images
Tunjukkan rasa takut? Ronald Koeman beberkan masa depan Lionel Messi bareng raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona. Copyright: © David Ramos/Getty Images
Tunjukkan rasa takut? Ronald Koeman beberkan masa depan Lionel Messi bareng raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona.

INDOSPORT.COM - Akhir ikatan kerja antara Lionel Messi dengan raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, bisa jadi hanya tinggal menunggu waktu saja. Pelatih Ronald Koeman pun angkat suara, apakah ia akan merasa ketakutan tanpa senjata andalannya?

20 tahun bukanlah waktu yang singkat bagi pemain berkebangsaan Argentina itu meniti karier di Camp Nou. Berkarier sejak di La Masia, tak ada yang menyangka jika dirinya langsung menjadi pemain ikonik dengan sumbangsih 34 trofi berbeda.

Akan tetapi, kiprahnya nampak bakal segera berakhir setelah El Barca tak lagi memiliki visi dan misi klub juara. Bayangkan saja, imbas gelar LaLiga Spanyol direbut rival abadi, Real Madrid, dan dipermalukan 2-8 oleh Bayern Munchen membuat nama baik klub hancur.

Belum lagi masalah internal berupa finansial yang kian membuat kesejahteraannya dipertaruhkan, tak heran Lionel Messi pun dilaporkan akan minggat ke klub yang lebih makmur seperti Manchester City atau PSG. Melihat fenomena ini, Koeman punya pendapat sendiri.

"Jika ada satu orang yang menentukan masa depannya, segalanya bergantung pada orang itu sendiri. Komentar dari luar tak buat saya tertarik, begitu pun dari dalam. Kita tak bisa kendalikan hal di luar, tapi di dalam itu berbeda," ucap Koeman dilansir Marca.

Mengingat kondisi dari sang kapten sulit untuk diabaikan, eks juru taktik asal Belanda itu tak mau terlalu terbebani dan mau fokus pada gelaran kompetisi liga Spanyol. Maklum, potensi mereka juara belum pasti melihat perkembangan hebat Atletico Madrid.

"Saya pikir Atletico berada pada posisi di atas kami semua, mereka kebobolan sangat sedikit dan mampu tampil lebih baik dari tim lain. Kami tak boleh keteteran poin lagi dan harus memenangkan tiap laga hingga akhir tahun," imbuhnya.

Ungkapan tak boleh ceroboh ini lantas membuat spekulasi jika pelatih utama Blaugrana ini enggan lagi tunjukkan hasil buruk sepanjang musim ini. Apalagi dengan sepak terjang dari Messi yang mulai kehilangan tajinya dalam mencetak angka.

Pada dasarnya, sang juru taktik asal Negeri Kincir Angin itu juga punya andil besar hilangnya semangat dari sang megabintang. Bagaimana tidak? Jika saja ia tak nekat menyingkirkan pemain-pemain potensial seperti Luis Suarez, akhir cerita bisa saja berbeda.

Walaupun kata hati dari Lionel Messi tak bisa diubah lagi, Ronald Koeman nampak sudah mengatasi masalah tersebut dengan pemain andalan lain. Martin Braithwaite, Antoine Griezmann, dan Ousmane Dembele sudah siap jadi penggantinya kala lakoni LaLiga Spanyol.