Bola Internasional

5 Pesepakbola Ternama yang Beralih ke Seni Bela Diri Usai Pensiun

Minggu, 6 Desember 2020 21:12 WIB
Editor: Isman Fadil
© getty images
Mantan bek Manchester United, Rio Ferdinand sempat memutuskan memenuhi impiannya menjadi petinju profesional. Copyright: © getty images
Mantan bek Manchester United, Rio Ferdinand sempat memutuskan memenuhi impiannya menjadi petinju profesional.

INDOSPORT.COM - Profesi menjadi pesepakbola masih digemari jutaan orang di dunia. Namun setelah pensiun, beberapa pemain pastinya akan mencari pekerjaan lain dari menjadi pelatih, pengusaha, bahkan pindah cabang ke olahraga lain.

Terdapat sejumlah mantan pesepakbola ternama yang banting setir ke olahraga lain, termasuk seni bela diri tinju dan MMA.

Ya, mereka beralih profesi menjadi atlet bela diri juga secara profesional. Siapa saja mereka?

Rio Ferdinand

Setelah dua tahun pensiun dari sepak bola, mantan bek Manchester United, Rio Ferdinand memutuskan untuk memenuhi impiannya menjadi petinju profesional.

Ferdinand secara resmi mengumumkan partisipasinya ikut pertandingan tinju profesional pada September 2017.
Sebagai bentuk keseriusannya, Ferdinand sempat dilatih oleh Richie Woodhall, mantan juara tinju kelas menengah super WBC.

Namun keinginan Ferdinand menjadi petinju harus pupus karena aplikasinya untuk lisensi tinju ditolak British Boxing Board of Control (BBBofC). 

Pria yang sudah meraih gelar Liga Inggris dan Liga Champions bersama Manchester United ini memutuskan pensiun dari dunia tinju tanpa melakukan satu pun pertarungan.

Wayne Bridge

Wayne Bridge pensiun dari sepak bola pada 2014 karena cedera. Mantan bek kiri Chelsea dan Manchester City sempat banting setir ke tinju dengan melakoni pertarrungan melawan Spencer Matthews empat tahun kemudian.

Pertarungan amal yang berlangsung tiga ronde itu dimenangkan Bridge yang unggul poin atas Matthews. Sama seperti Ferdinand, karier Brdige di tinju juga tak berlangsung lama.

Leon McKenzie

Mantan striker Norwich City, Leon McKenzie, pensiun dari dunia si kulit bundar pada Januari 2013 dan beralih ke tinju enam bulan kemudian.

McKenzie mencatatkan 11 pertarungan di tinju profesional, dimana 8 di antaranya keluar sebagai pemenang. McKenzie mengakhiri karier tinju setelah kalah dari Cello Renda pada September 2017.

Semasa aktif menjadi pesepakbola, McKenzie membantu Norwich City mendapatkan promosi ke Liga Inggris atau Premier League pada tahun 2004.

Curtis Woodhouse

Setelah bermain di banyak klub Liga Inggris seperti Sheffield United dan Birmingham City, Woodhouse sempat menjajal tinju di tengah kesibukannya sebagai pesepakbola.

Pria yang kini berusia 40 tahun itu mengikuti pelatihan pada tahun 2006 dan memenangkan Kejuaraan Interkontinental WBO untuk kelas menengah pada 2011.

Dari 31 pertarungan yang telah dijalani, Woodhouse meraih 24 kemenangan. Dia juga memperoleh gelar tingkat nasional Inggris sebelum pensiun pada 2017.

Marcin Wasilewski

Pencinta sepak bola Inggris tentu tahu Marcin Wasilewski. Pemain asal Polandia yang pernah mengantarakan Leicester City juara Liga Inggris 2015/2016.

Wasilewski meninggalkan Leicester City pada November 2017 dan kembali ke kampung halamannya memperkuat Wislaw Krakow selama tiga musim. Pria 40 tahun tersebut kini telah gantung sepatu, yakni sejak 1 Agustus 2020. 

Seusai pensiun, Wasilewski mengungkapkan dia akan beralih ke dunia Mixed Martial Arts (MMA). Ia diberitakan akan menghadapi mantan bek Bolton Wanderers, Blazej Augustyn, yang juga pindah ke MMA.