Liga Inggris

Taktik Jenius Solskjaer yang Buat West Ham Kena Epic Comeback Manchester United

Minggu, 6 Desember 2020 17:39 WIB
Editor: Isman Fadil
© Ash Donelon/Manchester United via Getty Images
Manchester United sukses membalikkan keadaan saat mengalahkan West Ham 3-1 pada pekan ke-11 Liga Inggris 2020/2021 di London Stadium. Copyright: © Ash Donelon/Manchester United via Getty Images
Manchester United sukses membalikkan keadaan saat mengalahkan West Ham 3-1 pada pekan ke-11 Liga Inggris 2020/2021 di London Stadium.

INDOSPORT.COM - Manchester United sukses membalikkan keadaan saat mengalahkan West Ham 3-1 pada pekan ke-11 Liga Inggris 2020/2021 di London Stadium, Minggu (06/12/20) dini hari WIB.

Setan Merah mengawali laga dengan buruk setelah sempat tertinggal oleh gol West Ham yang dicetak Thomas Soucek pada menit ke-38 melalui sepak pojok pada babak pertama.

Namun, Manchester United kemudian bangkit di paruh kedua. Ole Gunnar Solskjaer langsung memasukkan Bruno Fernandes dan Marcus Rashford menggantikan Donny van de Beek dan Edinson Cavani.

Pelatih Manchester United asal Norwegia itu juga menggantikan Anthony Martial yang cedera dengan Juan Mata.

Alhasil Manchester United mencetak tiga gol sekaligus dalam kurun 13 menit lewat Paul Pogba (65'), Mason Greenwood (68'), dan Marcus Rashford (78') untuk berbalik menang 3-1.

Luar biasanya, ketiga pemain Manchester United yang baru masuk pada babak kedua juga memberikan andil dalam kemenangan Setan Merah. Bruno Fernandes dan Juan Mata bikin asis, sedangkan Marcus Rashford mencatatkan namanya di papan skor.

Kemenangan Manchester United atas West Ham tak lepas dari perubahan strategi yang dilakukan Solskjaer pada babak kedua. 

Rashford menggantikan Cavani yang mengalami cedera, sedangkan Fernandes masuk menggantikan Van de Beek dan bermain dengan bebas di depan Paul Pogba dan Scott McTominay.

"Babak pertama, kami menguasai bola tetapi tidak menciptakan (peluang) apa-apa," kata Solskjaer dikutip dari Manchester Evening News.

"Babak kedua, saya pikir kami mengubah beberapa hal secara taktis, hanya hal-hal kecil, membuat ruang lebih besar, beberapa perubahan yang kami buat menciptakan ruang untuk Bruno di tengah."

"Tiga gol yang kami buat merupakan penyelesaian yang luar biasa, dan itulah perbedaan antara kami dan mereka (West Ham) hari ini. Pemain kami juga memiliki peluang di babak pertama tetapi mereka tidak dapat mencetak gol. Kualitas yang kami miliki di babak pertama babak kedua terlalu jauh," imbuhnya.

Ini merupakan kedua kalinya Manchester United menang comeback. Sebelumnya Bruno Fernandes dan kawan-kawan juga menang 3-2 atas Southmapton setelah tertinggal dua gol lebih dulu.

Melansir catatan dari Opta, Manchester United kini tercatat sebagai tim yang dapat poin paling banyak dari posisi tertinggal dalam sepanjang sejarah Liga Inggris atau Premier League (385).

Berkat raihan poin penuh atas West Ham, Manchester United merangsek ke empat besar klasemen Liga Inggris. Armada Ole Gunnar Solskjaer kini menempati peringkat keempat dengan memanen 19 poin dari 10 pertandingan.