Bola Internasional

Mara Gomez, Pesepakbola Transgender Pertama yang Boleh Main di Liga Argentina

Senin, 7 Desember 2020 19:05 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Mara Gomez resmi menjadi pesepakbola transgender pertama yang mendapat ijin bermain di Liga Argentina. 

Mara Gomez terlahir sebagai pria pada 1997 silam. Namun, ia menyadari bahwa dirinya merupakan seorang wanita yang terjebal di dalam tubuh pria. 

Di masa kecilnya, Mara Gomez kerap menjadi korban perundungan tau bulying. Namun, ia tak gentar dalam mewujudkan cita-citanya yaitu menjadi pemain sepak bola profesional.

Mara Gomez menjalani serangkaian tes, satu di antaranya ialan mengecek kadar testosteron yang ada di dalam tubuhnya. 

Setelah berbulan-bulan meyakinkan AFA untuk mengakui status transgendernya, Mara Gomez akhirnya diizinkan untuk tampil di Liga Argentina lantaran kadar testosteronnya berada di bawah 10nmol/L.

Ia akhirnya bergabung ke dalam skuat klub putri Villas San Carlos di Argentina. Ia akan menjalani laga perdananya pada hari ini, Senin(07/12/20) malam waktu setempat. 

Gomez pun bakal membuat sejarah dengan memastikan dirinya bermain di divisi pertama sepak bola wanita di Argentina. Meski, Villas San Carlos bertemu Lanus di Liga Argentina (AFA). 

Sejauh ini, Mara Gomez, mendapat sambutan dan dukungan dari rekan-rekan setim di Villas San Carlos. 

Ia pun ingin serius dengan karier sepak bolanya tersebut. Dilansir dari laman Pagina, Mara Gomez mengaku bakal memberi kontribusi terbaik untuk tim yang ia bela.