Liga Indonesia

Wajah Baru Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang Jelang Piala Dunia U-20

Senin, 7 Desember 2020 20:57 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Isman Fadil
© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Kursi tribune barat stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang dicat warna merah dan putih. Copyright: © Muhammad Effendi/INDOSPORT
Kursi tribune barat stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang dicat warna merah dan putih.

INDOSPORT.COM – Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring terus mengalami peremajaan menjelang perhelatan Piala Dunia U-20 pada Mei-Juni 2021 nanti.

Dari hasil pantauan INDOSPORT.com, perubahan mulai terasa saat masuk ke kawasan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang. Pagar dengan tinggi lebih kurang 2 meter tengah di bangun  di depan halaman stadion. Pagar ini, mengelilingi Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang.

Di gerbang utama stadion, renovasi tengah di lakukan pada bagian teras. Saat masuk ke dalam stadion, lapangan sudah bisa dikatakan selesai. Tampak dua pekerja yang sedang memotong rumput, tapi itu lebih pada perawatan semata.

Keempat tribune, utara, selatan, timur dan barat yang paling terasa mengalami perubahan drastis. Kursi tribune yang tadinya berwarna merah, biru dan kuning, kini dicat dua warna, merah dan putih.

Perubahan ini, membuat wajah signifikan pada stadion terbesar di Sumatera Selayan ini. Bant pemain lengkap dengan kursi super mewah buat pelatih dan pemain juga telah siap, tinggal pemasangan saja.

Guna memastikan kesiapan inilah, Tim Technical Deligate PSSI melakukan sidak di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, guna melihat progres renovasi yang dilakukan.

Tim yang terdiri dari 10 orang ini, meninjau beberapa sektor, seperti pintu depan masuk tribune, ruang ganti pemain, ruang konferensi pers, tribune VIP, tribune penonton dan tribune media.

© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Pekerja tengah melakukan perawatan pada lapangan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang. Copyright: Muhammad Effendi/INDOSPORTPekerja tengah melakukan perawatan pada lapangan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang.

"Masih ada beberapa catatan, seperti tinggi bangku area tribun, akses difabel, alur kedatangan pemain dari depan saat masuk ke lapanagn, media center, hingga ruang medis,” ungkap Tim Technical Delegate Instrastruktur dan Supervisi PSSI, Adi Nugroho, Minggu (06/12/20).

Kendati masih meninggalkan pekerjaan rumah buat Sumsel, Adi juga menyanjung perubahan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang. Saat ini, stadion yang menjadi markas Sriwijaya FC ini terlihat sangat cerah dan jauh lebih megah. Rumput stadion yang menggunakan Zoysia Matrela telah tumbuh subur.

Pihaknya meminta tuan rumah untuk terus mengkebut pengerjaan stadion. Itu harus dilakukan sebelum tim FIFA menyambangi Palembang.

“Nanti ada tim verifikasi FIFA yang datang, tapi waktunya belum tahu. Karena ini masih pandemic Covid-19,” jelasnya.