Bola Internasional

Dikaitkan dengan Liverpool, Siapa sih Sebastian Walukiewicz?

Rabu, 9 Desember 2020 16:58 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Piotr Matusewicz/PressFocus/MB Media/Getty Images
Sebastian Walukiewicz, pemain Timnas Polandia yang dikaitkan dengan Liverpool. Copyright: © Piotr Matusewicz/PressFocus/MB Media/Getty Images
Sebastian Walukiewicz, pemain Timnas Polandia yang dikaitkan dengan Liverpool.

INDOSPORT.COM - Nama pemain Cagliari dan Timnas Polandia, Sebastian Walukiewicz, belakangan santer dikaitkan dengan sejumlah klub, termasuk salah satunya Liverpool.

Padahal, bintang berusia 20 tahun tersebut baru saja mengikat kontrak dengan klubnya sampai tahun 2024. Meski demikian, hal tersebut tidak meruntuhkan keinginan para peminat untuk menggunakan jasanya.

Walukiewicz menunjukkan potensi yang luar biasa sejak momen breakthrough-nya musim lalu. Musim ini saja ia tampil konsisten sebagai pemain pilihan Cagilari di setiap pertandingan mereka di Serie A Liga Italia.

Sebastian Walukiewicz lahir pada tanggal 5 April 2000, merupakan jebolan klub Polandia, Legia Warszawa. Akan tetapi, debutnya di Ekstraklasa terjadi baru pada tahun 2018 setelah ia pindah ke tim rival, Pogon Szczecin.

Pada Januari 2019, ia pun dipinang Cagliari dengan durasi 4,5 tahun kontrak. Kini, dalam waktu yang relatif singkat Walukiewicz justru menjadi rebutan tiga klub Liga Inggris, yakni Liverpool, Manchester United, dan Chelsea.

Seperti diketahui, The Reds belakangan ini mengalami krisis cedera yang melibatkan Virgil van Dijk adan Joe Gomez. Sementara itu, The Red Devils membutuhkan bek sebagai pesaing Harry Maguire dan Victor Lindelof.

Di sisi lain, Chelsea yang sudah belanja banyak di bursa transfer lalu, kabarnya masih membutuhkan tambahan amunisi di skuatnya. Mereka ingin menyimpan aset pengganti Thiago Silva yang sudah dimakan usia.

Bagi kubu Liverpool sendiri, Sebastian Walukiewicz bisa jadi pembelian di luar dugaan, mengingat tren mereka yang kerap mendatangkan pemain secara mengejutkan, bahkan ketika tidak ada angin dan tidak ada hujan.

Musim panas lalu, The Reds sempat dikaitkan dengan Ismaila Sarr (Watford), namun tahu-tahu justru merekrut Diogo Jota dari Wolverhampton Wanderers.

Kedatangan Walukiewicz, meski kansnya kecil, bukannya tidak mungkin. Dengan memboyongnya ke Anfield, Liverpool pun setidaknya punya dua keuntungan.

Pertama, usia sang pemain yang masih sangat muda. Masih 20 tahun, Walukiewicz bisa jadi alternatif pilihan Jurgen Klopp. Ketika Van Dijk kembali pun, pelatih tidak perlu pusing-pusing ke mana harus meletakkan rekrutan anyarnya nanti.

Walukiewicz akan sangat berguna sebagai back up dan sang pemain pun bisa menjadikan momen ini sebagai kesempatan belajar dan menambah pengalaman. Dalam beberapa tahun ke depan, rasanya belum terlalu terlambat baginya menjadi bintang di tim utama.

Kedua, Walukiewicz adalah pemain yang sudah masuk radar banyak klub begitu lama, bahkan sebelum ia membela Cagliari. Arsenal dan Barcelona adalah dua peminat yang pernah menginginkannya pada 2018.

Memiliki fisik yang cukup tinggi menjulang (188 cm), Walukiewicz bahkan mendapat julukan majestic in the air ketika Cagliari pertama kali memperkenalkannya ke khalayak.

Kehebatan berlaga di udara adalah salah satu atribut penting yang harus dimiliki seorang bek. Walukiewicz sedikit lebih pendek dari Van Dijk namun posturnya bisa dibilang setara Rio Ferdinand atau Giorgio Chiellini.

Meski unggul di udara, ia juga sangat nyaman ketika membawa bola di kakinya dan pandai membangun permainan dari belakang. Ia adalah salah satu talenta muda paling potensial di Eropa.

Timnas Polandia

Sepak terjang Sebastian Walukiewicz di level Timnas Polandia dimulai pada tahun 2014. Ia pun membuktikan diri sebagai calon bintang masa depan negaranya dengan terlibat dalam tim di semua kelompok umur.

Berawal daru U-15, kariernya berlanjut ke U-16, U-17, U-18, U-19, U-20, dan U-21. Catatan ini sekaligus membuktikan betapa dirinya sangat konsisten dengan penampilannya di level Timnas.

Pemain bernama lengkap Sebastian Wiktor Walukiewicz tersebut pun saat ini sudah berada di tim senior dan bermain bersama Robert Lewandowski dkk. Debutnya adalah 7 Oktober 2020 dalam sebuah laga persahabatan kontra Finlandia.