Liga Champions

Lakukan Protes Keras kepada Wasit Rasis, Demba Ba Jadi Pahlawan Netizen

Rabu, 9 Desember 2020 04:45 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© beIN Sports
Demba Ba melakukan protes keras kepada pihak ofisial yang rasis di laga PSG vs Istanbul Basaksehir Copyright: © beIN Sports
Demba Ba melakukan protes keras kepada pihak ofisial yang rasis di laga PSG vs Istanbul Basaksehir

INDOSPORT.COM - Striker Istanbul Basaksehir, Demba Ba, melakukan protes keras atas tindakan rasis yang dilakukan oleh asisten wasit keempat asal Rumania, Sebastian Coltescu. Hal ini pun menuai sanjungan dari netizen.

Kejadian tidak terpuji terjadi dalam pertandingan Liga Champions antara Paris Saint-Germain (PSG) vs Istanbul Basaksehir. Dalam pertandingan tersebut, wasit keempat dikabarkan mengucapkan sebuah kalimat rasis.

Pada awalnya, pertandingan yang berlangsung di Parc des Princes ini berlangsung dengan lancar. Jual beli serangan terjadi di sepanjang 12 menit pertandingan babak pertama. Namun sebuah tindakan tidak terpuji terjadi setelahnya.

Pertandingan yang dipimpin oleh wasit asal Rumania, Ovidiu Hategan, harus terhenti sementara karena tindakan rasis yang dilakukan oleh asisten keempat wasit yang juga berasal dari Rumania, Sebastian Coltescu.

Koresponden beIN Sports yang berada di Stadion Parc des Princes, Tancredi Palmeri, menjabarkan kronologi asisten wasit keempat, Coltescu, melakukan tindakan rasis.

Semua berawal saat wasit Ovidiu Hategan hendak memberikan kartu merah kepada asisten pelatih Istanbul Basaksehir, Webo, karena melakukan protes yang terlalu keras.

Namun Sebastian Coltescu yang berada di pinggir lapangan, juga turut menunjuk Webo dengan sebutan 'Negru', yang mana artinya hitam dalam bahasa Rumania. 

Hal itu pun didengar oleh salah satu pemain mereka, Demba Ba. Eks striker Chelsea itu melakukan protes, yang mana juga dilakukan oleh para pemain PSG sebagai bentuk respeknya.

Tak ayal, hal tersebut pun langsung menuai respons positif dari para netizen Twitter. Banyak yang menyanjung akan keberanian Demba Ba yang mengungkap ucapan rasis dari Coltescu.

"Begini cara melawan rasis. Kerja bagus, Demba Ba," tulis akun @MUFC_redarmy99.

"Momen krusial saat melawan tindakan rasis. Demba Ba: Dengarkan Aku! Sebuah penghargaan layak untuknya dan para pemain Basaksehir serta PSG yang memperlihatkan tidak ada toleransi untuk orang rasis, dengan memutuskan keluar dari lapangan," tulis akun @GrantWahl.

"Tidak semua pahlawan mengenakan jubah. Demba Ba," tulis akun @Turkish_Futbol1.

"Dema Ba adalah pahlawan sejati. Tidak semua pemain akan melakukan hal tersebut," tulis akun @ConnCFC.

Pada akhirnya, kedua tim pun sepakat meninggalkan lapangan sebagai bentuk protes yang dilakukan oleh asisten wasit keempat, Coltescu, karena telah melakukan tindakan rasis.

Tak lama berselang, akun Twitter Istanbul Basaksehir pun melakukan perlawanan dengan mengunggah sebuah jargon 'No To Rasicm' dengan lambang UEFA.

Hingga artikel ini dipublikasikan, belum diketahui apakah pertandingan PSG vs Istanbul Basaksehir akan dilanjutkan atau tidak.