Liga Indonesia

Satu Per Satu Pemain Persipura Tinggalkan Indonesia

Rabu, 9 Desember 2020 10:12 WIB
Kontributor: Sudjarwo | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Ketidakpastian lanjutan kompetisi Liga 1 2020 membuat tim Persipura Jayapura harus kembali ditinggalkan pemainnya. Kali ini, gelandang asal Brasil, Thiago Amaral yang memutuskan kembali ke negara asalnya.

Setelah sempat memilih bertahan di Indonesia, Amaral akhirnya memutuskan pulang ke Brasil karena ketidakjelasan lanjutan kompetisi Liga 1.

Bukan hanya karena ketidakpastian kompetisi, Amaral pulang ke negaranya untuk merayakan Natal dan Tahun Baru bersama keluarga besarnya.

"Saya sudah pulang ke Brasil, saya berkumpul dengan keluarga di sini sambil nanti menunggu kepastian kompetisi," ujar Amaral kepada awak media olahraga INDOSPORT, Rabu (9/12/20).

Pemain jebolan klub Lebanon, Al Bourj ini mengaku tak bisa memperkirakan kapan dirinya akan kembali ke Indonesia. Apalagi, kontraknya bersama Persipura akan segera berakhir.

"Saya belum tahu kapan akan kembali ke Indonesia. Saya juga belum mendapatkan info soal kontrak saya yang akan habis," ungkapnya.

Kendati begitu, Amaral tetap punya keinginan yang kuat untuk membela tim berjulukan Mutiara Hitam di kompetisi Liga 1. Ia berharap, badai pandemi Covid-19 bisa segera berakhir di Indonesia dan kompetisi sepakbola bisa kembali digulirkan.

"Saya sangat ingin melanjutkan karier saya sebagai pemain Persipura. Saya berharap kedepannya lebih baik dari tahun 2020, dan klub serta pemain dapat kembali melanjutkan kompetisi," pungkasnya.

Gelandang asal Jepang, Takuya Matsunaga juga memutuskan pergi ke Estonia dan akan kembali ke Jepang hingga kompetisi Liga 1 2020 menemui kepastian.

Pemain yang akrab disapa Taki ini mengaku akan kembali awal tahun depan, jika saja sudah mendapatkan kepastian perihal lanjutan kompetisi Liga 1 2020.

Namun, dirinya sendiri masih sangsi perihal kelanjutan kompetisi sepak bola Indonesia di masa pandemi Covid-19. Pasalnya, hingga saat ini pemerintah dan pihak kepolisian belum mau menerbitkan izin untuk menggelar pertandingan sepak bola maupun kegiatan lainnya yang melibatkan banyak orang.

"Saya pasti akan balik ke Indonesia. Tapi tidak tahu kapan, karena lanjutan Liga 1 juga tidak tahu kapan akan dimulai, dengar kabar katanya Februari, tapi apakah itu sudah info resmi. Semoga saja liga jadi berlanjut, kalau tidak ada kompetisi liga lagi saya belum memutuskan apakah akan tetap di Indonesia atau pindah," ujar Taki.

Sebelumnya, Persipura juga sudah lebih dulu ditinggalkan oleh dua pemain asingnya, Sylvano Comvalius dan Arthur Cunha yang tak bisa kembali ke Indonesia karena terbentur regulasi protokol Covid-19. 

Tak hanya pemain asing, Persipura juga baru saja ditinggal Todd Rivaldo Ferre yang akan berkiprah di klub Liga 2 Thailand, Lampang FC dengan status pinjaman hingga April 2021 mendatang.