Liga Indonesia

Terinspirasi Ajax, Presiden Persita Tangerang Ingin Bangun Jaringan ke SSB

Rabu, 9 Desember 2020 21:03 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
© Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Presiden Persita Tangerang, Rully Ahmed Zulfikar sudah menyiapkan program untuk mengembangkan pemain muda. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT
Presiden Persita Tangerang, Rully Ahmed Zulfikar sudah menyiapkan program untuk mengembangkan pemain muda.

INDOSPORT.COM - Presiden Persita Tangerang, Rully Ahmed Zulfikar sudah menyiapkan program untuk mengembangkan pemain muda. Ia berencana membangun kerja sama dengan sekolah sepak bola (SSB) di Tangerang agar mudah memantau pemain muda yang nantinya disiapkan sebagai tulang punggung klub.

Rully menjelaskan, pihaknya akan membangun jaringan dengan SSB di Tangerang, supaya pemain yang potensial bisa masuk ke akademi klub (pro elite academy/EPA) U-16 dan U-18. Kerja sama ini juga diharapkan bisa meningkatkan kualitas ssb yang tersebar di Tangerang.

"Nanti EPA akan kerja sama dengan sbb di Tangerang supaya kami tak perlu turun kesana. Mereka (ssb) yang urus, ada datanya jadi kami tinggal seleksi dan terjaring yang bagus, jadi sama-sama berkembang," tuturnya.

Rully mengatakan terinspirasi oleh klub Belanda, Ajax Amsterdam yang rutin melahirkan pemain muda potensial. Ia mempelajari hal tersebut ketika beberapa waktu lalu liburan ke Belanda.

"Kalau inspirasi untuk youth academy itu Ajax dan Arsenal. Tapi gak bisa sama diaplikasikan disini, makanya kami sudah punya pelatih buat usia muda dan kami tinggal kerja sama dengan pemerintah, kalau untuk sbb ini KONI/Kecematan yang urus dan terintegrasi dengan kami," ujarnya.

Kendati sudah berencana, Rully dan Persita masih menunggu kepastian dari PSSI terkait kompetisi usia muda. Hal itu dimaksutkan agar pembinaan bisa berjalan lancar.

"Kami tunggu regulasi kapan Liga U-16 U-18 maupun liga putri mulai. Kami mau tunjukin performa youth development buat regenerasi, harapan saya Persita punya regenerasi dari pembinaan ini," pungkasnya.