Liga Indonesia

Ikuti Jejak Pendahulunya, 2 Pemain Persija Ambil Kursus Kepelatihan C AFC

Kamis, 10 Desember 2020 20:21 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Media Persija
Sandi Sute (Persija Jakarta) saat menjalani latihan perdana. Copyright: © Media Persija
Sandi Sute (Persija Jakarta) saat menjalani latihan perdana.

INDOSPORT.COM - Dua penggawa Persija Jakarta, Ramdani Lestaluhu dan Sandi Darma Sute mencoba tetap sibuk di masa pandemi Covid-19 ini. Keduanya kini menjalani kursus kepelatihan lisensi C AFC yang diadakan PSSI.

Banyak pesepak bola yang mengisi waktu luang di masa jeda kompetisi karena pandemi covid-19 ini dengan mengambil kurus kepelatihan. Sebelumnya dua penggawa Persija Jakarta, Otavio Dutra dan Tony Sucipto juga mengambil kesempatan ini.

Kini giliran Ramdani Lestaluhu dan Sandi Sute menjalani kursus kepelatihan lisensi C AFC yang diselenggarakan oleh PSSI melalui Persija Foundation. Acara tersebut berlangsung, Kamis (10/12/20) hingga Selasa (22/12/20) di Lapang Persija Academy, Pulomas, Jakarta Timur.

Ramdani menjelaskan keikutsertaannya mengikuti kursus ini bersama Sandi Sute lantaran dirinya ingin menambah wawasan bagaimana bermain sepak bola yang baik. Apalagi pemain yang berasal dari Tulehu, Maluku ini menilai banyak manfaat yang bisa diambil dari keikusertaannya kali ini.

“Alasan utama saya mengambil lisensi C AFC ini karena saya ingin belajar dan menambah lagi ilmu pengetahuan soal sepak bola. Banyak hal-hal prinsip sepak bola yang diajarkan seperti bagaimana tata cara bermain sepak bola yang benar, lalu posisi saat bermain dan apa yang harus dilakukan nanti di lapangan,” ujar Ramdani.

Sementara gelandang Persija, Sandi Sute juga berharap ia bisa mengikuti kursus ini dengan baik. Ia juga mengungkapkan rencana melanjutkan karier di dunia kepelatihan setelah usai menjalani kursus ini. Tak hanya itu, ia juga menyebutkan dirinya mengikuti kursus untuk bekal jika nantinya Sandi memutuskan untuk pensiun.

“Senang mengikuti acara ini, semoga lancar apalagi keluarga terutama istri juga mendukung. Sekali lagi ini murni keinginan dari hati saya juga untuk bisa belajar," ucap Sandi Sute.

"Apalagi mungkin setelah ikut ini ilmu di sini bisa saya tularkan kepada pemain-pemain yang ada di daerah saya. Di sana banyak pemain bagus namun tidak banyak ada pelatih. Mungkin setelah ini saya bisa berikan ilmu yang saya dapat dengan melatih mereka agar mereka bisa menjadi pemain yang berkualitas,” pungkas pemain asal Palu ini.