Liga Inggris

3 Trio Lini Serang Terbaik Sepanjang Masa di Liga Inggris

Kamis, 10 Desember 2020 18:41 WIB
Editor: Juni Adi
© Sebastian Frej/MB Media/Getty Images
Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Roberto Firmino Copyright: © Sebastian Frej/MB Media/Getty Images
Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Roberto Firmino

INDOSPORT.COM - Sebagai liga terbaik di dunia, para klub-klub Liga Inggris banyak yang mendatangkan pemain berkualitas khususnya di lini depan. 

Hal tersebut dilakukan agar para klub bisa tampil tajam untuk bersaing mendapatkan gelar. Biasanya striker-striker yang didatangkan merupakan pemain asing, yang sudah disaring dan bermain apik di liga sebelumnya.

Klub-klub top seperti Liverpool, Chelsea, Arsenal, Manchester United, dan Manchester City adalah contohnya. Barisan depan mereka banyak dihuni penyerang-penyerang terbaik di Eropa. 

Bahkan tak hanya satu, mereka punya tiga pemain sekaligus yang dikenal sebagai trio untuk membobol gawang lawan. Lantas, siapa saja trio striker yang terbaik di Liga Inggris sejauh ini? Berikut INDOSPORT mengulasnya:

1. Raheem Sterling, Leroy Sane, dan Sergio Aguero (Manchester City)

Pernah ada waktu ketika Manchester City benar-benar tampil pada level yang berbeda. Mereka mengalirkan bola ke seluruh penjuru lapangan, meneror lini pertahanan klub-klub lawan pada setiap akhir pekan di Liga Inggris.

Pep Guardiola selalu mengandalkan trio Sterling, Sane, dan Aguero untuk memimpin lini serangnya. Mereka didukung oleh gelandang-gelandang kreatif kelas dunia seperti David Silva dan Kevin De Bruyne di belakangnya.

Pergerakan Sterling dikombinasikan dengan kecepatan Sane dan ketajaman Aguero. Itu merupakan pertunjukkan yang selalu menghibur dan mereka tidak pernah kehilangan sumber daya untuk mencetak gol.

Trio lini serang tersebut berhasil mengukir 49 gol selama beraksi di Liga Inggris, dan juga mencatatkan total 34 assist. Itu berarti ketiganya telah menghasilkan 83 gol untuk Manchester City.

2. Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah (Liverpool)

Tidak pernah lengkap rasanya untuk membicarakan trio lini serang terbaik tanpa menyinggung Trio Firmansah dari Liverpool, yang hingga saat ini masih menjadi yang terbaik di Liga Inggris.

Semenjak Salah bergabung dari AS Roma pada musim panas tahun 2017, Liverpool tidak pernah kekurangan sumber gol dan mereka bertiga merupakan alasannya. Itu sudah memasuki tahun keempat sekarang, dan mereka nampak masih tajam.

Firmino bukanlah striker yang biasa, Mane dan Salah memiliki keahliannya masing-masing. Ketajaman mereka telah menghasilkan, tak hanya gelar juara Liga Inggris pada tahun ini, melainkan juga trofi Liga Champions pada tahun sebelumnya.

Salah dan Mane saja sudah menghasilkan 22 gol untuk masing-masing dari mereka pada musim 2018/2019. Mereka berbagi penghargaan Bola Emas dengan striker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang, karena mencetak jumlah gol yang sama.

3. Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney, dan Carlos Tevez (Manchester United)

Nampaknya sudah lama sekali Manchester United tidak beredar sebagai salah satu kandidat juara di Liga Inggris. Namun ketika itu terjadi, mereka melakukannya dengan dominasi yang absolut bersama trio lini serang yang luar biasa.

Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney, dan Carlos Tevez terlalu hebat untuk dikendalikan oleh lini pertahanan klub-klub Liga Inggris. Seketika mereka diturunkan bersama, gol-gol berseliweran untuk Manchester United di mana-mana.

Trio lini serang ini telah menghasilkan jumlah gol yang luar biasa, yaitu 79 gol pada musim 2007/2008 silam, dengan diselingi oleh 30 assist. Secara keseluruhan, mereka mencetak 93 gol dari 42 pertandingan saja.

Mereka menghasilkan trofi Liga Inggris pada musim itu, dan juga menjuarai Liga Champions pada tahun yang sama. Apalagi yang perlu diragukan?